Seleksi Capim, Wako Riza Ke Baznas Pusat Jakarta -->

Seleksi Capim, Wako Riza Ke Baznas Pusat Jakarta

Jumat, 22 Oktober 2021

.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Suksesi kepemimpinan di Badan Ambil Zakat (Baznas) Kota Payakumbuh masa bakti 2021-2026 yang dimulai sejak 23 Agustus 2021 Sudah sampai di tahap koordinasi persiapan verifikasi oleh Tim Seleksi Baznas Pusat, Kamis, 21 Oktober 2021.


Wali Kota H. Riza Falepi, ST, MT bersama Panitia Seleksi daerah (Pansel Kota Payakumbuh) berkunjung ke Kantor Baznas di Jl. Matraman Raya Nomor 34, Jakarta. Turut bergabung dalam rombongan Asisten I, Dafrul Pasi selaku Ketua Pansel, DR. Dasril Sebagai Sekretaris Pansel, Kakankemenag Kota Payakumbuh Ramza Husmen sebagai anggota Pansel, Staf Ahli Wali Kota Bidang SDM, Elvi Jaya, dan Kabag Kesra Irwan Suwandi sebagai Sekretariat pansel.


Kedatangan wali kota dua periode ini dan rombongan disambut hangat oleh Pimpinan Baznas Pusat, hadir menyambut Kolonel Syahroni selaku pimpinan Baznas, Yumul Mayeswin (Dewan Pertimbangan Baznas), Dodik Prasetyo (PIC Provinsi Sumbar) dan Anisa sekretariat Baznas. 


Dalam pertemuan yang berlangsung akrab tersebut Wali Kota Riza Falepi menyampaikan maksud kedatangannya khusus ke Kantor Baznas Pusat ini adalah untuk bersilaturrahmi dan berkonsultasi dalam rangka pengembangan pengelolaan zakat di Kota Payakumbuh, serta berkoordinasi untuk persiapan tahap proses seleksi selanjutnya oleh Baznas Pusat.


"Kami ingin proses seleksi calon pimpinan Baznas Kota Payakumbuh ini oleh Pansel yang sudah selesai di tingkat daerah bisa segera diverifikasi dan diberikan pertimbangan oleh Baznas Pusat agar Kota Payakumbuh bisa segera punya Pimpinan Baznas definitif," kata Riza Falepi.


Dalam sambutannya, Kolonel Syahroni yang didampingi Petinggi Baznas Yumul Mayeswin dan Dodik Prasetyo menjelaskan kepemimpinan Baznas itu harus memenuhi tiga hal yakni aman syariah, aman regulasi dan aman NKRI" Kata Syahroni. 


"Pimpinan Baznas itu harus berkompeten dalam ilmu zakat secara syariah, aman regulasi mereka harus menguasai undang-undang dan berbagai regulasi dalam manajemen Zakat serta harus aman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) artinya pembela NKRI serta dapat bekerjasama dengan Pemerintah setempat dan masyarakat terutama para Muzakki dan Mustahid," ulasnya.


Selanjutnya Dodik Prasetyo selaku PIC Sumbar menjelaskan Baznas segara akan mengagendakan melakukan verifikasi faktual rekam jejak terhadap 10 nama calon peringkat 10 terbaik menjadi 5 nama yang akan direkomendasikan kepada Wali Kota Payakumbuh untuk ditetapkan menjadi pimpinan Baznas Kota Payakumbuh. 10 nama kandidat Capim ini merupakan  hasil Seleksi oleh Pansel Baznas Kota Payakumbuh dari 27 Capim yang mendaftar di Kota Payakumbuh sejak 27 Agustus 2021 yang lalu.


Dsri sisi Sekretaris Pansel DR. Dasril sekaligus berkoordinasi persiapan teknis kegiatan proses verifikasi oleh Tim Baznas pusat yang segera akan dilakukan dengan menghadirkan 10 kandidat.


"Mereka akan diwawancarai baik secara langsung tatap muka di Payakumbuh dan tim seleksi dari Baznas Pusat berkunjung ke Payakumbuh maupun wawancara secara virtual kita di Payakumbuh siap memfasiltasi," pungkas Dasril. (Ul)