Sidak ke Dinas Pertanian, Bupati Solsel Telepon ASN tak Masuk -->

Sidak ke Dinas Pertanian, Bupati Solsel Telepon ASN tak Masuk

Rabu, 13 Oktober 2021

Memastikan keberadaan ASN yang dinas luar, Bupati Solok Selatan Khairunas langsung bicara dengan ASN melalui hand phone.


Solsel, fajarsumbar. com -  Ketidakhadiran beberapa orang ASN pada inspeksi mendadak (Sidak) Bupati Solok Selatan ke Dinas Pertanian, Selasa (12/10/2021) membuat orang nomor satu di kabupaten tersebut langsung mengecek ketidakhadiran ASN tersebut melalui hand phone.


"Ibu sedang dimana? Ikut kegiatan apa? Berapa orang yang ikut?," tanya Bupati Khairunas kepada salah seorang Kepala Bidang yang sedang dinas mengikuti pelatihan di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD).


Bupati yang hadir lengkap bersama Wakil Bupati, Sekdakab, Plt. Kepala BKPSDM, dan sejumlah kepala OPD tersebut, juga mengabsensi langsung kehadiran satu persatu ASN lainnya. Bagi yang tidak hadir karena dinas luar, cuti atau sakit, diminta langsung melengkapi administrasinya.


Dalam arahannya, Bupati mengatakan bahwa saat ini berdasarkan berbagai penilaian, Solok Selatan harus terus meningkatkan pelayanannya.


"Persoalan pelayanan publik, administrasi, dan aspek lainnya, posisi kita Solok Selatan masih kurang baik dibanding daerah lainnya. Untuk itu kita minta semua aparatur, untuk lebih giat dan lebih ikhlas lagi dalam bekerja," ujar bupati.


Terkait disiplin, ia mengingatkan agar para aparatur, termasuk para pimpinan di berbagai OPD untuk tidak mencoba-coba melindungi bawahannya yang tidak disiplin.


"Jangan pernah coba-coba, ASN yang melindungi rekan-rekannya yang lain tidak disiplin. Jika terbukti, sanksinya akan lebih berat lagi bagi ASN yang melindungi tersebut," tegasnya.


Bupati menilai bahwa selama lima bulan lebih ia menjabat bersama Wabup, ia melihat ASN pada dasarnya adalah orang-orang baik. 


"Tinggal bagaimana perlunya peningkatan pengawasannya, agar aparatur bertugas sebaik-baiknya," ujarnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Yulian Efi menambahkan agar para ASN di Dinas Pertanian lebih fokus dan lebih giat lagi dalam bekerja, apalagi terkait sektor pertanian yang merupakan bagian dari program unggulan kepala daerah terpilih. (Abg)