SPBE Jadi Cerminan Kinerja Pemerintah Daerah -->

SPBE Jadi Cerminan Kinerja Pemerintah Daerah

Rabu, 06 Oktober 2021

Foto bersama


Padang, fajarsumbar.com - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) telah ditetapkan menjadi salah satu indikator kinerja utama (IKU) Pemerintah Daerah, sehingga keberhasilan pelaksanaan SPBE akan menjadi cerminan Kinerja Pemerintah Daerah. 


Penegasan itu dinyatakan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur ketika pembukaan Bimbimgan Teknis (Bimtek) SPBE dalam mewujudkan Padang Pariaman Smart City di Hotel Truntum, Padang, Rabu (96/10/21).


Kata dia, kita berkomitmen untuk segera mewujudkan integrasi-interoperabilitas didalam Implementasi SPBE. Dalam penyelenggaraannya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE.


"Salah satu upaya mewujudkan implementasi SPBE secara baik dengan Transfer Knowledge melalui Bimtek. Sehingga pelaksanaan SPBE dengan optimal pada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan stakeholder lainnya, maka nilai indeks SPBE Padang Pariaman bisa lebih baik dan meningkat menjadi sangat memuaskan" harap Suhatri Bur


Ia menyebutkan kesemua transaksi harus memakai sistem elektronik berdasarkan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang SPBE. Sejalan dengan kemajuan teknologi, kita terus berupaya untuk tidak ada lagi sistem manual.


Kabupaten Padang Pariaman, sebut dia, telah ditetapkan sebagai salah satu dari 100 Kabupaten / Kota Smart City Indonesia, juga telah berhasil menyusun Masterplan Smart City. Tentu Masterplan itu harus diimplementasikan keseluruh OPD sesuai dengan dimensi dan rencana aksi yang telah disusun. 


"Untuk itu, kesemua OPD harus berkomitmen dengan menganggarkannya. Kalau tak demikian,tidak akan terwujud master plan SPBE yang telah disusun Kominfo. Juga berpengaruh terhadap SAKIP dan LAKIP. Sehingga Smart City terus bergerak untuk Padang Pariaman Berjaya" tegas Bupati Suhatri Bur.


Sedangkani Kadis Kominfo Zahirman, S.Sos, MM menyampaikan tujuan dari pelaksanaan Bimtek SPBE ini agar terwujudnya percepatan integrasi - interoperabilitas dalam layanan SPBE melalui peningkatan kompetensi SDM ASN dalam manajemen. Juga tata kelola SPBE untuk mengoptimalkan pelaksanaan SPBE di Padang Pariaman


"Peningkatan ilmu dan pengetahuan ttg SPBE bisa berjalan dengan baik tidak hanya dengan membangun jaringan, membuat comand center. Kemudian, terpenting adalah tata kelola berbasis management SPBE. Diharapkan dengan sistem yang ada, akan terwujud Padang Pariaman dalam genggaman" ujar Zahirman


Bimtek SPBE yang dilaksanakan Dinas Kominfo dengan peserta 60 orang dari OPD itu bertemakan "SPBE Dalam Mewujudkan Padang Pariaman Smart City". (r-saco)