Tanah Datar Punya Balai Ternak Baznas Balimbiang Saiyo di Kinawai Balimbiang -->

Tanah Datar Punya Balai Ternak Baznas Balimbiang Saiyo di Kinawai Balimbiang

Minggu, 03 Oktober 2021

 

Launching Balai Ternak Baznas Balimbiang Saiyo oleh Ketua Baznas RI Saidah Satwin, di Jorong Kinawai Balimbiang, Minggu (3/10) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Tanah Datar menerima kunjungan Ketua Baznas RI dan Direktur Bank Permata Syariah serta Lembaga Penelitian Ternak Medan, dalam rangka Launching Balai Ternak Baznas Balimbiang Saiyo, di Jorong Kinawai, Nagari Balimbiang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Minggu (3/10/21). 


Ketua Baznas RI Hj. Saidah Sakwan, MA dalam sambutannya katakan, visi Baznas adalah menjadi lembaga utama mensejahterakan rakyat, data dari Baznas RI untuk data mustahik di Indonesia sebelum pandemi Covid-19 sebesar 24,7 juta sedangkan setelah pandemi sebesar 27,3 juta, artinya 2 tahun kita dilanda Covid-19 terjadi kenaikan mustahik, dan ini yang Ha menjadi perhatian kita bersama. 


"Program bantuan untuk mustahik ini merupakan kolaborasi antara Baznas RI dengan Bank Permata Syariah, dan semoga yang sekarang mustahik nanti bisa menjadi muzaki," ucap Hj. Saidah. 


Sementara Direktur Bank Permata Syariah, Herwin Bustamam, MBA sampaikan, semoga program ini sama dengan karakter Tanah Datar, dan untuk peternakan semoga 3 tahun kedepan sudah bisa surplus dan bisa melakukan ekspor keluar Tanah Datar. "Fungsi kami sebagai Bank Syariah, hanya untuk membantu mengumpulkan zakat dari para muzaki, dan kita kerjasama dengan Baznas. Tahun 2021 ini sudah terkumpul 12,3 Milyar dan dana tersebut untuk pemberdayaan masyarakat," ujar Herwin. 


Sedangkan Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi katakan, dengan diadakan kegiatan ini yaitu 'Balai Ternak Baznas' semoga membawa hikmah untuk Tanah Datar, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan kegiatan ini merupakan pilot project bagi Nagari lain di Sumbar khususnya Tanah. 


"Tanah Datar ini perekonomiannya sangat tergantung kepada pertanian, sedangkan penduduk miskin di Tanah Datar sebesar 5.3 % atau 17.000 jiwa, dan yang terbanyak dari bidang pertanian, jadi cocok sekali Baznas memberikan kepada mustahik yang bergerak di pertanian atau peternakan," tukas Kadis Pertanian. 


Sebelumnya Wakil Ketua I Baznas Provinsi Sumatera Barat Afrianto Korga sampaikan ucapan terimakasih kepada Baznas RI dan Bank Permata Syariah, kami sangat berbangga sekali dengan kedatangan bapak ibuk, ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya kami di Baznas Sumbar khususnya Tanah Datar, dalam rangka pengentasan kemiskinan. "Kami berharap bagaimana kita mengupayakan masyarakat kita yang selama ini dalam posisi mustahik, berangsur mengupayakan mereka dalam waktu yang tidak terlalu lama untuk jadi muzaki," sampainya. 


Sementara Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah laporkan, bantuan yang diberikan untuk 45 mustahik, serta disinilah kelompok itu untuk mengembangbiakan Kambing dan tidak boleh dibawa pulang. Kambing yang kita berikan berupa Kambing lokal, dan semoga Balai ternak ini bisa memenuhi kebutuhan ternak Kambing untuk masyarakat Tanah Datar. 


"Semoga nantinya masyarakat Tanah Datar bisa membeli Kambing disini, untuk kebutuhan pesta kenduri, aqiqah, gulai Kambing, sate Kambing dan lainnya. Kita juga merencanakan membuat program paket Qurban pada Idul Adha, pungkas Yasmansyah. 


Turut hadir pada acara ini, Ketua UPZ Bank Permata Syariah Habibullah, Antonius Peneliti Muda dari Lembaga Penelitian Ternak Medan, Camat Rambatan, Wali Nagari Balimbiang, Baznas Agam, Bukittinggi, Solok, dan Sijunjung, serta tamu undangan lainnya. (fdy)