Ulang Tahun Kabupaten Pasaman, Bupati Sebutkan Beberapa Arah Dan Kebijakan Pembangunan yang Telah Dipersiapkan -->

Ulang Tahun Kabupaten Pasaman, Bupati Sebutkan Beberapa Arah Dan Kebijakan Pembangunan yang Telah Dipersiapkan

Sabtu, 09 Oktober 2021


Pasaman, fajarsumbar.com - Dalam rangka hari jadi Kabupaten Pasaman ke-76 Bupati Pasaman H. Benny Utama hadiri papat Paripurna dengan tema bersatu melangkah maju, mewujudkan Pasaman yang lebih baik dan bermartabat, di gedung Syamsiar Thaib, Jumat (8/10/2021).



Dalam sambutannya bupati Pasaman, H.Benny Utama menyampaikan, pada hari ini Jumat 8 Oktober, Kabupaten Pasaman genap berusia 76 tahun, berbagai upaya dan proses pembangunan telah dilaksanakan bersama sama dengan satu tujuan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasaman.


"Pasca pelantikan 26 Febuari 2021,  kami langsung bekerja dan melaksanakan salah satu amanat konstitusi yaitu menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pasaman Tahun 2021 -2026 dan telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Nomor 4 Tahun 2021," ujar Benny Utama.


Ia juga mengatakan, setelah mencermati kondisi dan capaian Kabupaten Pasaman terhadap berbagai indikator pembangunan seperti indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih diangka 66,64 pada tahun 2020 dan berada diposisi ke 18 dari 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.


"Tingkat pengangguran terbuka tahun 2020 diangka 5,04 serta indeks Gini di tahun 2020 diangka 0,324 yang menunjukkan bahwa masih terdapat kesenjangan pendapatan masyarakat yang relatif di Kabupaten Pasaman," tuturnya.


Harapan dan cita-cita pembangunan 5 tahun kedepan dinyatakan dengan visi "Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pasaman yang lebih baik dan bermartabat".



Bupati juga menjelaskan, beberapa arah dan kebijakan pembangunan yang dipersiapkan dan akan dimulai pada tahun 2022 sebagai mana telah tercantum dalam RPJMD tahun 2021 -2026, Pendidikan gratis sampai SLTA sederajat (12 tahun), UHC atau jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman, Gerakan seribu hafiz dan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa kurang mampu berprestasi, penyediaan sarana pelayanan kesehatan masyarakat sampai tingkat kejorongan (setiap kejorongan terdapat polindes).


Selanjutnya, peningkatan akses transportasi dan telekomunikasi terutama pada kecamatan yang masih minim Insfratruktur dan masih banyak blank spot jaringan internet, kerjasama pembangunan kampus Universitas Negeri Padang di Kecamatan Tigo Nagari, menjadikan Bonjol sebagai kawasan wisata terpadu dan terintegrasi, pembukaan jalan Bonjol - Suliki untuk mendukung akses transportasi dan pariwisata, membuka akses keseluruh kabupaten tetangga serta peningkatan ketersediaan infrastruktur dan fasilitas pelayanan dikawasan perbatasan, pengembangan komoditi pertanian unggulan dan budidaya perikanan terintergrasi (pembangunan pabrik pakan mandiri), inovasi pelayanan publik serta program kegiatan padat karya di nagari dan lain sebagainya.


Selain itu, masih dalam rangka kegiatan hari jadi Kabupaten Pasaman Ibu Susi Benny Utama Juga melakukan kunjungan ke RSUD Lubuk Sikaping untuk memberikan bingkisan kepada bayi yang lahir pada tanggal hari jadi Kabupaten Pasaman.


Dalam kunjungan itu Ibu Susi Benny Utama juga di minta untuk mengasih nama salah seorang bayi yang ada di RSUD Lubuk Sikaping.


Oleh Ibu Susi, bayi perempuan mungil yang berparas cantik itu diberi nama Salsabila, yang berarti Mata Air dari Surga. Dan bayi yang tertidur saat digendongan Ketua TP. PKK Pasaman itu, tiba-tiba menunjukan senyum dibibirnya nan mungil, usai dipanggil Salasabila.


Kunjungan Ibu Susi ke RSUD Lubuksikaping, didampingi Ketua GOW Ny. Sabar AS, Ketua Persit Ny. Heri Bakti, dan Ketua Dharmawanita Persatuan Ny  Mara Ondak, serta Ketua Dharmawanita RSUD Ny. Young Marzuhaili.
(Naldi)