Bupati Buka Acara Temu Teknis Bersama Penyuluh Pertanian se-Tanah Datar -->

Iklan Atas

Bupati Buka Acara Temu Teknis Bersama Penyuluh Pertanian se-Tanah Datar

Rabu, 24 November 2021

 

Bupati membuka acara Temu Teknis Penyuluh Pertanian se-Tanah Datar, di Aula Kantor Bupati, Rabu (24/11) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM membuka secara resmi acara Temu Teknis Bagi Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Tanah Datar, yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati, Pagaruyung, Rabu (24/11/2021).


Bupati dalam sambutannya sampaikan, pembangunan pertanian menjadi prioritas bagi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, sebagaimana yang tertuang pada misi II RPJMD tahun 2021-2026, yakni meningkatkan ekonomi masyarakat dan perluasan lapangan kerja berbasis pertanian, industri dan UMKM.


Eka Putra katakan, selama Pandemi Covid-19, sektor pertanian salah satu yang mampu bertahan bahkan berkontribusi positif terhadap PDRB, terlebih sebagian besar masyarakat di Tanah Datar bergantung pada pembangunan pertanian.


"Tanah Datar tidak mempunyai pertambangan seperti daerah lainnya, tetapi kita memiliki potensi pertanian yang sangat luar biasa, ini suatu berkah. Maka dari itu, penyuluh pertanian diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada petani, dalam mengembangkan usaha taninya," ujar Bupati Eka.


Bupati Eka Putra tambahkan, peran penyuluh petanian sangatlah penting sebagai penghubung antara pemerintah dengan petani secara langsung, sehingga program, kebijakan dan peraturan dibidang pertanian dapat tersampaikan secara baik.


"Kita mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh penyuluh pertanian yang telah berkontribusi mensukseskan pembangunan di sektor pertanian. Semoga ini sebagai langkah percepatan 10 program unggulan pemerintah, dimana 4 diantaranya berada di Dinas Pertanian.Yakni, layanan bajak gratis, peningkatan ansuransi pertanian, peningkatan kuota pupuk bersudsidi dan perbaikan jaringan irigasi," ujar Bupati. 


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Yulfiardi katakan, tujuan dari terlaksananya Temu Teknis Penyuluh Pertanian ini sebagai upaya untuk membangun presepsi, meningkatkan koordinasi, integritas dan sinergitas mewujudkan program pertanian di Tanah Datar. 


"Dengan mengangkat tema, peningkatan efisiensi usaha tani dalam rangka peningkatan pendapatan petani, serta mendatangkan narasumber yang berkompeten di bidang pertanian, tentu kita berharap, acara ini memberikan dampak kemajuan pertanian di Tanah Datar," ujar Yulfiardi. 


Acara ini turut dihadiri Kepala Bidang dilingkup Dinas Pertanian Tanah Datar, Penyuluh Pertanian se-Tanah Datar, Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) dan Perwakilan Petani Milenial. (fdy)