Festival Pesona Minangkabau 2021 Resmi Dibuka Bupati Tanah Datar -->

Iklan Atas

Festival Pesona Minangkabau 2021 Resmi Dibuka Bupati Tanah Datar

Minggu, 14 November 2021

 

Bupati Tanah Datar dan Rombongan pada pembukaan FPM 2021, di Istano Basa Pagaruyung


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE didampingi Wakil Bupati Richi Aprian, SH. MH membuka secara resmi Festival Pesona Minangkabau (FPM) 2021, yang dilaksanakan selama dua hari tanggal 13 dan 14 November 2021, di Istano Basa Pagaruyung Batusangkar, Sabtu (13/11/21). 


Setelah vakum pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19, akhirnya Event tahunan Festival Pesona Minangkabau 2021 pada tahun ini kembali dilaksanakan. Event ini menampilkan keanekaragaman dan kearifan lokal budaya adat Minangkabau, dari seluruh pelosok Nagari di Kabupaten Tanah Datar. 


Acara ini dihadiri langsung oleh Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif Drs. Reza Pahlevi, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sumatera Barat Andri Yulika, Ketua DPRD Tanah Datar H. Roni Mulyadi Dt Bungsu, Forkompimda Tanah Datar, Ketua TP PKK Tanah Datar Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Patty Richi Aprian dan undangan lainnya. 


Dalam sambutannya Bupati Eka Putra menyampaikan, FPM merupakan perhelatan yang berisikan pagelaran seni budaya, promosi wisata, kuliner dan kearifan lokal Minangkabau lainnya, dan diharapkan mampu menjadi sarana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat. 


"Event ini juga akan menampilkan potensi dan pesona desa wisata, kuliner khas minangkabau, kekayaan seni budaya yang telah dikenal luas baik di Nusantara bahkan dunia Internasional," sampai Eka Putra. 


Bupati juga sampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, karena telah memilih dan menetapkan FPM sebagai salah satu kharisma event Nusantara tahun 2021 ini, dan berharap bisa memberikan dampak positif bagi kepariwisataan khususnya kabupaten Tanah Datar. 


"Meskipun kita masih dihadapkan pada pandemi Covid-19, kita harus selalu terus berkreasi, berinovasi melalui berbagai cara. Dan untuk memperkenalkan potensi wisata dan budaya yang kita miliki, salah satunya melalui ruang virtual," ujar Bupati. 


Sementara, Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif Reza Pahlevi dikesempatan yang sama menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemda Tanah Datar yang telah bekerja keras untuk melaksanakan FPM 2021,disaat masa pandemi dengan melakukan inovasi dan adaptasi. 


"Gelaran festival dengan format hybrid dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, memang yang hadir dan menyaksikan secara offline terbatas, namun bukan berarti tidak bisa dinikmati secara luas. Karena dengan teknologi kita mampu menyiarkan secara live, bahkan apa yang kita lakukan hari ini ditonton oleh banyak orang," kata Reza. 


Pada ajang event tahunan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diwakili oleh Senior Manager MURI Triyono kepada Bupati Tanah Datar, atas keberhasilan memecahkan Rekor MURI Penari Piring terbanyak, yakni diikuti oleh kurang lebih 9.000 penari yang berasal dari pelajar dan juga TP PKK se-Tanah Datar.


Selain pemecahan rekor MURI, pada kegiatan itu juga dimeriahkan dengan parade adat dan kebudayaan dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Tanah Datar, serta acara FPM ini juga diisi dengan pameran UMKM dan kuliner dengan masakan khas Minangkabau. (fdy)