Forum Anak Diminta Suarakan Aspirasi dan Jadi Ajang Kreativitas -->

Forum Anak Diminta Suarakan Aspirasi dan Jadi Ajang Kreativitas

Senin, 22 November 2021

Puluhan pelajar SLTP dan SLTA selesai mengikuti seleksi kepengurusan Farum Anak Kota Padang Panjang.

Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Pengurus Forum Anak periode 2021-2023 segera dibentuk. Seiring pelaksanaan seleksi terbuka tahap tiga yang merupakan tahap akhir di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Senin (22/11). 


Dari 89 orang yang terseleksi di tahap sebelumnya, akan dipilih kembali 35 orang anak (para pelajar tingkat SLTP dan SLTA) untuk jadi pengurus.


Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPA), Drs. Osman Bin Nur, M.Si mengatakan, Forum Anak hendaknya menjadi ajang kreativitas serta dapat menyuarakan aspirasi anak. 


"Akan dipilih 35 orang dari seleksi ini. Hendaknya Forum Anak menjadi ajang kreativitas serta menjadi wadah aspirasi anak, sebagai jembatan antara anak dan pemerintah," katanya.


Osman turut mengapresiasi  pengurus Forum Anak di periode sebelumnya (2019-2021). Menurutnya, pengurus di periode itu telah berbuat banyak dan menorehkan prestasi.


"Prestasi itu harus dipertahankan. Tertumpang tanggung jawab yang lebih, meningkatkan kualitas Forum Anak dan terus menyuarakan aspirasi anak. Harapan itu ada pada adik- adik yang mengikuti seleksi ini," ujarnya.


Setelah terbentuknya Forum Anak di tingkat kota, Osman meminta Forum Anak dapat pula terbentuk di tingkat kecamatan dan kelurahan. 


"Jadi ada tanggung jawab membentuk Forum Anak tingkat kecamatan dan kelurahan menjadi tugas Forum Anak di tingkat kota. Di situlah dilibatkan mereka dalam diskusi, seperti musrenbang, berpartisipasi aktif di berbagai kegiatan," tuturnya seraya berharap Forum Anak diisi orang-orang yang berkeinginan maju dan bertalenta. (syam)