Gerhana Bulan Langka Bisa Dilihat 19 November di Jawa Timur -->

Gerhana Bulan Langka Bisa Dilihat 19 November di Jawa Timur

Kamis, 18 November 2021

ilustrasi


Jakarta - Peristiwa Gerhana Bulan Sebagian (GBS) diperkirakan bakal terjadi pada bulan ini, tepatnya pada 19 November. Sebagian wilayah Jawa Timur disebut bisa menyaksikan fenomena tersebut.


Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda, Teguh Tri Susanto, mengatakan, hanya sebagian fase GBS bisa teramati di Indonesia.


"Yakni akhir fase gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan penumbra," kata Teguh, Rabu (17/11/2021) sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Untuk wilayah Jatim, peristiwa gerhana bulan sebagian ini bisa teramati di Malang dan sekitarnya, yakni saat bulan terbit hingga jelang akhir fase gerhana bulan sebagian berakhir pukul 19.05 WIB.


"Warga di wilayah Malang dan sekitarnya bisa mengamati gerhana ini saat mulai fase terbitnya bulan pada pukul 17.30 WIB hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB," ujar Teguh.


Teguh mengatakan gerhana bulan merupakan peristiwa saat dinamisnya pergerakan posisi pada matahari, bumi, dan bulan. Peristiwa ini terjadi hanya ketika keadaan tertentu.


Gerhana bulan, lanjut dia, adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.


"Gerhana bulan sebagaian terjadi saat sebagian piringan bulan masuk ke umbra atau bayangan utama bumi," ucapnya.


Ketika gerhana bulan sebagaian masuk pada puncaknya, warna bulan akan berubah menjadi berwarna gelap dan kemerahan. (*)