Guru dan Kepsek Disiplin Akan Melahirkan Etos Kerja Tinggi, Ini Penjelasan Kadisdikbud Anwar.M.Si -->

Guru dan Kepsek Disiplin Akan Melahirkan Etos Kerja Tinggi, Ini Penjelasan Kadisdikbud Anwar.M.Si

Kamis, 18 November 2021

Drs.H.Anwar,M.Si


Kampung Dalam
- Guru bersama Kepala Sekolah (Kepsek) yang disiplin akan melahirkan semangat kerja yang tinggi. Sehingga terjadi peningkatan mutu pendidikan di Sekolah. Makanya diperlukan murid disiplin dalam belajar, guru disiplin dalam bertugas dan Kepsek disiplin dalam memimpin Sekolah.


Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Padang Pariaman Drs.H.Anwar,M.Si dalam pengarahannya ketika menghadiri tausyiah memperingati Maulid Nabi Muhammad saw di Masjid Taqwa Kampung Tanjung, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kamis (18/11/21).


Kata Anwar, guru dan Kepsek yang disiplin dalam bekerja baik datang maupun pulang, maka peserta didik akan ikut disiplin. Jadi, terlaksananya tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai tenaga pendidik akan melahirkan etos kerja yang tinggi demi kemajuan Sekolah.


Sekolah yang disiplin, menurut Kadis Dikbud, tentu akan tercipta pendidikan yang berkualitas. Dalam hal ini, peserta didik harus ada dibarengi penguatan pendidikan karakter. Yakni dengan melaksanakan dan memantau pendidikan agamanya melalui buku kontrol ibadah dari guru kelas.


"Tak kalah pentingnya, guru dan Kepsek agar peduli terhadap kebersihan ketertiban dan keamanan (K3) Sekolah. Terciptanya K3 yang indah, maka kesemua warga Sekolah akan bangga. Sehingga peserta didikpun merasa nyaman mengikuti pembelajaran" ucap mantan Kabag Kesra itu. 


Ia menegaskan jangan ada guru bersama Kepsek tidak peduli dan tidak mau tahu menahu terhadap K3 Sekolah. Hal demikian janganlah terjadi pada Sekolah di Padang Pariaman.


"Kemudian lagi, guru dan Kepsek harus menjaga sosial kemasyarakatan dilingkungan Sekolah. Adanya komunikasi sosial yang harmonis dengan masyarakat setempat, tentu akan memperoleh kesuksesan dalam bekerja. Dan terhindarlah kegaduhan disana" ujar mantan Asisten Pemerintahan itu.


Sebelumnya, Kasi PAI Kankemenag diwakili Pengawas PAI Dra.Hj.Helma Fatmi, M.Pd menyampaikan tentang pendidikan agama pada sekolah.


Ia lebih menyorot berkenaan tugas guru agama yang harus berkalaborasi dengan guru kelas dan Kepsek untuk memajukan kualitas pendidikan.


"Untuk itu, perlu diteladani pengorbanan dan misi yang dibawa Nabi Muhammad sejak empat belas abad yang lalu. Mari kita bekerja sesuai dengan tugas kita sebagai pendidik" ajak Helma Fatmi.


Sedangkan ceramah agama disampaikan Ustad Fadli Azhari, S.SosI dengan mengupas keteladanan uswatun hasanah Rasulullah. Makanya, keteladanan Nabi itu, kita jadikan pakaian dalam kehidupan sehari-hari. 


Kegiatan Tausyiah Agama yang dilaksanakan KKG PAI dengan dukungan dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) itu diikuti oleh Pengawas Sekolah, Kepsek,majelis guru dan tenaga kependidikan Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan V Koto Kampung Dalam. (saco).