Kampus IV Universitas Muhammadiyah Sumbar, Diresmikan Wali Kota Riza Falepi -->

Kampus IV Universitas Muhammadiyah Sumbar, Diresmikan Wali Kota Riza Falepi

Senin, 22 November 2021

.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Penandatanganan batu prasasti oleh Wali Kota Riza Falepi menandakan diresmikannya gedung kampus IV dan mesjid baru Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumbar) yang selesai dibangun.


Peresmian yang berlangsung sederhana itu turut dihadiri oleh Anggota DPRD dari Fraksi PKS Mustafa dan Kepala Dinas PUPR Muslim, serta Rektor Riki Saputra didampingi Dosen Senior Sevindra Juta bersama jajaran dekan, dosen, serta mahasiswa UM Sumbar di Kampus IV Faperta UM Sumbar, Senin (22/11).


Pemerintah Kota Payakumbuh di bawah kepemimpinan Riza ingin punya banyak excelent center, perguruan tinggi. Makanya Riza memberi dukungan pembangunan gedung kampus IV UM Sumbar dengan dana hibah sebesar kurang lebih 1,5 miliar, sementara itu sumber dana dari pembangunan mesjid adalah bantuan donatur yang tak ingin disebutkan namanya di media.


Dukungan terhadap pertumbuhan dunia pendidikan ini sesuai dengan misi Riza Falepi ke 1 mewujudkan sumber daya manusia yang handal, sehat, dan kompetitif dan misi ke 5 mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia dan berbudaya, berdasarkan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK). 


Wako Riza Falepi dalam sambutannya mengapresiasi kepeloporan di Universitas Muhammadiyah yang punya pimpinan muda seperti Rektor Riki Saputra. Riza mengaku kaget melihat hasil pembangunan dua gedung yang dibangun dengan sangat bagus dan megah.


"Kita memberi 5, tetapi hasilnya kita dapat 8, sangat luar biasa. Disini kami melihat ada pengorbanan bersamaan dengan etos kerja. Orang yang punya etos kerja, pengorbanan, dan semangat maju maka hasilnya akan beda," kata Riza.


Riza menyebut dukungan kuat ini adalah keinginan semua orang untuk maju, apalagi melihat UM Sumbar Kampus IV yang punya jurusan pertanian, maka dalam urusan pendidikan pertanian Riza berharap bagaimana pula outpuntna menghasilkan produk industri pertanian yang berkualitas dan berdaya saing, baik secara SDM maupun SDA.


"UM Sumbar bersiap-siap menyongsong ini, apalagi kalau sudah ada laboratorium. Nanti investor pun akan melirik potensi ini. Siapkan SDM dengan baik, saya akan membantu sebisa saya sebagai wali kota, mutu dan kualitas output tinggal di rektor dan jajaran," kata Riza.


Riza juga menjelaskan terkait besar dukungannya kepada UM Sumbar kalau menyediakan pendidikan sejatinya adalah kewajiban negara, tetapi katika ada UM Sumbar yang ikut hadir ingin berkontribusi memberikan sarana edukasi bagi masyarakat, Riza sangat mengapresiasi ini.


"Kita melihat energi besar, kemampuan menciptakan nilai tambah berkelanjutan. Perhatian seperti ini harus disambut dengan baik," kata Riza.


Disamping itu, Riza juga mengajak pihak kampus agar membudayakan penghijauan. Riza termasuk kepala daerah yang cinta menanam dan sayang lingkungan, dimana ada pembangunan Riza selalu menghijaukan lokasi di situ, seperti contohnya saja perkantoran pemerintah, lapangan olahraga terbuka Payakumbuh Bugar, dan Batang Agam.


"Kalau bukan kita siapa yang bakal melakukannya, mana yang bisa ditanam seperti pohon pelindung dan pohon yang bernilai ekonomis, ini akan memberi manfaat jangka panjang," kata Riza.


Ditambahkan wali kota dua periode itu, di hari ulang tahun UM Sumbar ke 66, semoga UM Sumbar bisa tumbuh dan maju, serta memiliki spesialisasi, tidak hanya kemampuan secara general atau umum saja.


"Selamat kepada UM Sumbar, bersama kita ciptakan generasi yang unggul dan berdaya saing demi kemakmuran Kota Payakumbuh," tukuk Riza.


Sementara itu, Rektor Riki Saputra didampingi dosen senior Sevindra Juta menyampaikan dua bangunan yang dibangun di atas lahan seluas 1,8 hektar ini diresmikan bertepatan pula pada milad UM Sumbar ke 66 yang jatuh pada 18 November 2021.


"Untuk kampus fakultas kedokteran rencananya akan dibangun. Doakan semoga bisa terlaksana agar kita bisa melayani kebutuhan pendidikan masyarakat Kota Payakumbuh dan sekitarnya," ujar Riki. (Ul)