Kapolda Sumbar Tinjau Gebyar Sumdarsin Tahap II di Kabupaten Lima Puluh Kota -->

Kapolda Sumbar Tinjau Gebyar Sumdarsin Tahap II di Kabupaten Lima Puluh Kota

Sabtu, 20 November 2021

.


Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com - Semenjak pagi, calon peserta vaksin sudah berdatangan dari berbagai Nagari di sekitar Kecamatan Harau dan Kabupaten Lima Puluh Kota sekitarnya, pada lokasi vaksin bertempat di Halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota di Sarilamak, pada Sabtu (20/11/2021). 


Acara yang diinisiasi oleh Kepolisian Daerah Sumatera Barat menargetkan capaian vaksinasi sebanyak 8.000 peserta.  Gebyar vaksin tak hanya berlangsung di Halaman Kantor Bupati Limapuluh Kota, di saat yang sama juga  berlangsung di Kecamatan Suliki dan Situjuah Limo Nagari.


Pelaksanaan vaksinasi ini dihadiri langsung Kepala Kepolisian Sumatera Barat Irjen. Pol. Teddy Minahasa, S.H. S.I.K didampingi oleh Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra, Forkopimda Lima Puluh Kota, MUI, LKAAAM, dan jajaran perangkat daerah Pemkab Lima Puluh Kota.


Pada kesempatan itu, Kapolda Sumbar didampingi Bupati Lima Puluh Kota, juga meninjau dari dekat vaksinasi yang berlangsung di tenda-tenda posko vaksin di lokasi acara. 


Pelaksanaan Gebyar Sumbar Sadar Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lima Puluh Kota mendapat apresiasi dari Kapolda Sumbar. Terlebih jika berkaca kepada realisasi vaksinasi sebesar 47,14% lebih di Kabupaten Lima Puluh Kota.


“Ini prestasi yg luar biasa, patut kita hargai, tak mudah untuk mencapainya. Realisasi capaian ini, menggambarkan kerjasama yang telah terjalin baik antara Pemerintah daerah, Satgas Covid, Forkompimda,” terang Kapolda Teddy Minahasa.


Dalam bagian lain dari sambutannya, Kapolda Sumbar mengatakan sukses atau tidaknya percepatan vaksinasi bergantung kepada tiga komponen, diantaranya, kesadaran masyarakat akan vaksin, vaksinator, dan ketersediaan vaksin. 


Menurutnya jika pemerintah daerah, Forkompimda, ulama, tokoh-tokoh masyarakat, dan segenap kekuatan komponen mengerahkan segala sumberdaya dan resource, target vaksin di Lima Puluh Kota dapat tercapai.


“Kita optimis target 80 persen untuk Kabupaten Lima Puluh Kota pada Desember nanti, akan tercapai,” ujar Kapolda Sumbar. 


Sementara itu pada sambutannya, Bupati Lima Puluh Kota menyampaikan bahwa pelaksanaan Sumbar Sadar Vaksin Covid-19, diikuti dengan antusiasme oleh masyarakat. Bupati dalam paparannya menyebutkan, capaian vaksinasi di Lima Puluh Kota, vaksinasi I adalah 146.429 orang (47, 14 %) dan vaksinasi II adalah 67.993 orang (21,89%) dengan total capaian target adalah sebesar 214.422 orang. 


Bupati Safaruddin di depan Kapolda Sumbar menegaskan  Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, didukung oleh Satgas Covid-19, Forkompimda, jajaran Dinas Kesehatan dan segenap kekuatan komponen masyarakat akan berkerja keras mewujudkan pencapaian target vaksin di Lima Puluh Kota.


“Inshaa Allah, target 80 persen masyarakat tervaksin di Lima Puluh Kota, per akhir Desember 2021 dapat kita capai,” ujar Bupati Safaruddin. 


Pada kesempatan itu, Kapolda Sumbar dan Bupati Lima Puluh Kota menyerahkan piagam dan penghargaan kepada Nagari Sialang, Nagari Batu Hampa, Puskemas Sialang, dan Puskesmas Piladang atas pencapaian target vaksin di masing-masing wilayah serta penghargaan kepada personil Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota dan jajarannya.(Ul)