Lulusan Politeknik ATI Padang 'Diburu' Dunia Industri -->

Lulusan Politeknik ATI Padang 'Diburu' Dunia Industri

Kamis, 18 November 2021

Penandatanganan naskah pelantikan lulusan D III Politeknik ATI Padang oleh Kepala Pusat Pembinaan dan Pelatihan SDM dan Direktur Politeknik ATI Padang, Kamis (18/11/2021)


Padang, fajarsumbar.com - Politeknik ATI Padang sebagai institusi industri pendidikan yang menyelenggarakan Program Studi (Prodi) berbasis STEM (Sciece, Technology, Engineering on Mathematic) selalu melakukan upaya penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Industri yang siap menghadapi revolusi industri 4.0. Terbukti belum wisuda, dunia industri telah menampung mereka untuk bekerja.


Hal tersebut, diungkapkan Direktur Politeknik ATI Padang Dr. Ester Edwar, M.Pd, ketika memberikan sambutan pada wisuda lulusan Diploma Tiga (D III) Angkatan ke 41 Tahun 2021 secara Offline di Gedung Maigoes Maaroef Politeknik ATI Padang Jalan Bungo Pasang Padang, Kamis, (18/11/2021).


Menurut Ester lulusan D III yang diwisuda pada gelombang pertama dalam rapat senat terbuka ini, berjumlah 171 orang, terdiri dari  Prodi Teknik Inustri Agro (TIA) 97 orang dan Prodi Teknik Kimia Bahan Nabati (TKBN) 74 orang.


Untuk wisuda gelombang kedua, yakni dari Prodi Analisis Kimia sebanyak 152 orang dilaksanakan Senin, tanggal 22 November 2021, sedangkan gelombang ketiga dari Prodi Manajemen Logistik Industri Agro (MLIA) yang berjumlah 169 orang, diadakan, Kamis, tanggal, 25  November 2021.


Dari 171 wisudawan/wisudawati tersebut, dinyatakan 2 orang sebagai lulusan terbaik,  yakni atas nama Novri Syafridamal dari Prodi TIA, dengan Indek Prestasi Kamulatif (IPK) 3, 84 dan Hanifa Putri Sofira, Prodi TKBN dengan IPK 3, 67


"Sebelum pelaksanaan wisuda ke 41 ini,  berbagai industri telah melakukan rekrutmen di Kampus Politenik ATI Padang terhadap calon wisudawan", sebut Ester, baik itu secara langsung ke kampus maupun melalui Virtual Job Fair Politeknik ATI Padang yang digelar dari tanggal 10 sampai 12 November 2021.


Alhamdulilah, dari rangkaian kegiatan yang berlansung 2 hari di Kampus Politeknik ATI Padang itu, sebanyak 29 orang wisudawan telah ditetima bekerja sebelum menjalani wisuda pada 7 perusahaan industri dan Rsup Dr M Djamil Padang, sedangkan 6 orang wisudawan telah pula berusaha secara mandiri


Ester, juga menyebutkan, dari kegiatan Virtual Job Fair yang digelar Politeknik ATI Psdang itu, 150 orang wisudawan sedang difasilitasi oleh Unit Career Develompment Center Politeknik ATI Padang untuk menjalani seleksi pada berbagai industri dan dalam waktu dekat hasil dari seleksi akan diumumkan oleh pihak industri terkait.


Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenprin RI, diwakili Kepala Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan SDM Dadi Marhadi mengatakan, dalam usaha mendorong berkembangnya Industri Nasional yang sejalan dengan agenda Making Indonesia 4.0, telah disusun 10 agenda strategi Prioritas Nasional, salah satunya melalui peningkatan SDM.


Politeknik ATI Padang sebagai unit pendidikan vokasi industri yang merupakan pusat penyedia tenaga kerja sektor industri agro, sebut Dadi Marhadi, harus mampu menyiapkan lulusan yang bisa menjadi tenaga terampil yang tanggap terhadap perkembangan industri dan menjadi bagian dari akselarasi transpormasi industri 4.0 di Indonesia.


Salah satunya memasukan beberapa bidang kajian dalam industri 4.0 ke dalam kurikulum yang dijalankan Politeknik ATI Padang, namun terus berkoordinasi dengan BPSDMI dalam upaya mengembangkan mata kuliah berbasis industri 4.0 itu dalam kurikulum 2020/2021.


"Terkait dengan itu, Menteri Perindustrian telah menetapkan kurikulum industri 4.0, agar menjadi bagian dari kurikulum pembelajaran di Unit Pendidikan Vokasi," imbuhnya.


Pada wisuda lulusan D III Politeknik ATI Padang gelombang pertama Tahun 2021 yang dihadiri Kepala SMK SMTI Padang, BDI Padang, Direktur Politeknik ATK Yogyakarta dan para orang tua wisudawan, pelaksanaannya tetap.memberlakukan Protokol Kesehatan (Prokes), sesuai peraturan pemerintah.(RDz)