Lurah Padang Sikabu Optimis Capai Target Pencapaian Vaksinasi Hingga Akhir 2021 -->

Iklan Atas

Lurah Padang Sikabu Optimis Capai Target Pencapaian Vaksinasi Hingga Akhir 2021

Selasa, 16 November 2021
Kelurahan Padang Sikabu 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Lurah Padang Sikabu, Kecamatan Lampasi Tigo Nagari (Latina), Nurasiah optimis serta yakin capaian 70 % warga ikut vaksin didapat hingga akhir 2021. 


Hal tersebut disampaikan Nurasiah, Selasa (16/11/2021) disela pelaksanaan gebyar vaksinasi covid-19, terpusat di halaman kantor Lurah Padang Sikabu. Vaksinasi yang melibatkan vaksinator dari Puskesmas Lampasi tersebut tampak dihadiri perangkat kelurahan didampingi Bhabinkantibmas, Aiptu Herimen. Tampak di daftar hadir hingga pukul 11.30 WIB terdaftar 116 calon penerima vaksin. 


"Jenis vaksin yang dipakai adalah sinovac untuk vaksin tahap II, dan Pfizer untuk tahap I,"sebut Lurah Nurasiah dibenarkan tenaga medis. 


"Tercatat sampai tanggal 10 November 2021 sudah 56,66 % warga ikut vaksin dari 1382 wajib vaksin. Dan kita yakin target 70 % bisa kita raih di akhir Desember 2021,"ungkap optimis Nurasiah didampingi Ketua LPM Padang Sikabu, Andra. 


Adapun dasar optimis Nurasiah, sebagaimana dijelaskannya. "Kita libatkan tokoh masyarakat untuk mengajak warga ikut vaksin. Himbauan keliling menggunakan pengeras suara / toa. Bersorak keliling kampung, bahkan himbauan door to door. Walau masih didapati warga yang masih menolak, namun kita terus lakukan pendekatan dengan melibatkan tokoh adat. Alhamdulillah, akhirnya warga kita mau ikut vaksin. Hari ini kita targetkan 150 warga ikut vaksin, baik pertama maupun vaksin kedua. Sebagian warga kita juga ada, ikut vaksin di kelurahan lain,"terang Nurasiah. 


Demi percepatan pencapaian target vaksin, Lurah dibantu Bhabinkantibmas mencoba mengumpulkan warga yang ingin vaksin, dan divaksin di Mapolres Payakumbuh. 


"Selama November, kita sudah jalankan 3 kali vaksinasi. Bahkan untuk menyukseskan sistem jemput bola. Kita kumpulkan warga diangkut ke Polres, Agam Jua untuk vaksinasi. Tiada bosan kita ketuk kesadaran, jangan menolak lagi, karena spesifikasi dan kehalalan vaksin sudah dijamin pemerintah melalui penelitian dan pengakuan tersertifikasi,"terang Herimen, menambakan.


Dampaknya, ulas Herimen. Awalnya banyak yang menolak, karena tampa sauvenir. Caliak caliak dulu (lihat-lihat dulu) akhirnya mereka merasa butuh. Kita semakin intens mengajak warga bersama tokoh masyarakat, warga tampak mulai terketuk untuk ikut vaksin. Insya Allah, pada Jumat kita lanjutkan kembali pola doir to door,"jelas Herimen. 


"Kita punya data by name by addres warga yang belum vaksin. Kita akan terus lakukan pendekatan,"ulas Lurah Nurasiah. 


Saat pemantauan di lapangan ditemui ibu Yasni (86) RW I RT I yang telah ikut vaksin. Dirinya hadir bersama anak dan cucunya. Keseharian, Yasni adalah seorang pedagang di Pasar ibu


Juga tampak Eko Trianto bersama istrinya Nudra Nasri, warga RT1/RW04, mereka ikut vaksin kedua. 


"Kami tidak mau termakan berita hoax terkait vaksin covid-19. Pemerintah sudah melakukan observasi dan analisis serta kajian. Kita patuh saja dan ikut vaksin. Di KK kami ada 4 orang. Kita sudah vaksin semuanya,"terang Eko. 


Guna menunjang program dan target Lurah, Ketua LPM Andra mengklaim bahwa capaian vaksinasi di Latina, kelurahan Padang Sikabu adalah yang terbanyak.


"Bersama Lurah,kita mengimbau warga di sistem door to door. Alhamdulillah membuahkan hasil. Ini bentuk sinergitas. Kita yakin kita tertinggi, dan ini langkah awal.  Pengurus LPM juga wajib ikut vaksin, Keltan juga kita ajak ikut vaksin. Sukses vaksinasi tergantung pada sukses sosialisasi vaksin. 


Tergantung Sdm warga serta trik edukasi dan sosialisi terkait vaksin kepada warga. Informasi dari Lurah, pelaksanaan vaksinasi akan dijalankan hingga jam dinas hari ini berakhir. Selanjutnya, jika masih ada warga yang ingin vaksin, kita tumpangkan di kelurahan tetangga,"pungkasnya.(Ul)