Minangkabau Miliki Kekayaan Budaya Luar Biasa -->

Minangkabau Miliki Kekayaan Budaya Luar Biasa

Minggu, 21 November 2021

Setelah berhasil sutradara Riri Riza membuat film budaya di kawasan SRG, hasilnya dipertontonkan secara gratis di lokasi Menara Songket. Abg

Solsel, Fajarsumbar. com -
Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI, Admad Maihendra, menilai minangkabau memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, terutama dalam adat istiadat serta tradisinya masih berlaku dari zaman dahulu hingga sekarang.


"Malam ini. Sabtu (20/11/2021) kita tonton filem budaya minang di Nagari Saribu Rumah Gadang ini, kebudayaan minang ini sangat luar bisa. Dan ini harus tetap dijaga dan dilestarikan oleh Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah," tuturnya saat nonton bareng di kawasan saribu rumah gadang di Solok Selatan.


Ada ribuan Desa di seluruh Indonesia, tp Kemendikbud memilih Desa di Solok Selatan  untuk jadi salah satu fokus PKN. Sampai mengirim Sutradara sekelas Riri Riza. Ini merupakan suatu berkah untuk Solok Selatan. 


Ada pernyataan Puti Raudha di film tersebut bahwa orang Minang itu kreatif, sehingga dalam budayanya, terutama Sandang dan Pangan juga ikut berubah. Bukti kreatif itu terlihat dari berbagai adaptasi aksesoris yg ditempelkan di pakaian adat kita.


pemakaian kebudayaan dan adat istiadat daerah dan beragam. Serta berbeda-beda disetiap daerah, tujuannya sama.


"Tahun depan kita Kementerian akan menggelar Festival Matrelinial sebagai roh dari kebudayaan minang yang memiliki nilai spetrumnya, sebab tumbuh dari semua lapisan masyarakat adat dan kaumnya," ucapnya.


Pekan budaya ini akan dilaksanakan oleh masing-masing provinsi di Indonesia. Masing-masing daerah akan dilibatkan seperti halnya Pekan Olahraga Nasional (PON) kebudayaan, tujuannya untuk melihat keanekaragaman budaya dan adat istiadat daerah se Indonesia.


"Sebab itu, perfilmannya, musik dan media sangat penting. Kita akan hadirkan kepemilikan dari ranah minang," ucapnya.



Sementara, Kepala Balai Pelestarian Budaya Provinsi Sumbar, Undri memaparkan, nonton bareng yang ikuti oleh lapisan masyarakat Solok Selatan malam ini di Menara Songket kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG), melibatkan 10 titik film yang diperkarsai Kementerian Ristek.


"Seperti Kabupaten Solok Selatan, Tanah Datar, Agam, Padang, 50 Kota, dan Padang Panjang," ucapnya.


Kebudayaan seperti ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Kemendikbud Ristek, bahkan menilai sesuai yang berbeda namun luar biasa dalam hal pemakaian adat dan tradisi daerah.


"Semua konteks budaya minangkabau sudah jadi harapan Kementerian," jelasnya. Abg