Peletakan Batu Pertama Masjid Taqwa Turawan, Akan Dibangun Megah -->

Iklan Atas

Peletakan Batu Pertama Masjid Taqwa Turawan, Akan Dibangun Megah

Minggu, 14 November 2021

 

Bupati Tanah Datar meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Taqwa Turawan, Minggu (14/11) 



Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE menghadiri Pembongkaran dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Taqwa, Jorong Turawan, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan, di Masjid tersebut, Minggu (14/11/21). 


Bupati dalam sambutannya menyampaikan, Masjid disamping menjadi sarana beribadah kepada Allah SWT, juga diharapkan bisa dijadikan pusat kegiatan keagamaan lainnya yang bertujuan meningkatkan keimanan, sehingga nantinya bermuara pada peningkatan keimanan, dan bisa menjadi benteng diri dari berbagai pengaruh negatif arus globalisasi dan kemajuan teknologi. 


Bupati menambahkan, pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk dan bukti nyata kolaborasi dan kekompakan, antara perantau dengan masyarakat di kampung halaman. "Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kegiatan seperti hari ini, karena memang ini membantu pemerintah terutama dalam menyukseskan visi dan misi Tanah Datar, terima kasih kepada perantau dan Yayasan Ombilin Nur, serta masyarakat atas dukungannya," ujar Eka. 


Namun tentunya ke depan, tambah Eka Putra, Masjid yang megah ini nanti hendaknya juga akan dipenuhi jamaah untuk beribadah. "Mari memakmurkan Masjid ini dengan kegiatan ibadah, majelis taklim, remaja Masjid, perpustakaan Masjid, pembinaan ibadah dan memeriahkan hari besar Islam dan pembinaan hafidz atau hafidzah," tutur Eka. 


Khusus untuk hafidz, tambah Bupati, sesuai dengan salah satu program unggulan satu rumah satu hafiz/hafizah. "Insya Allah, program ini kita dorong terus sehingga nantinya tercipta masyarakat Tanah Datar yang lebih gemar membaca Al Qur'an dan mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta masyarakat sejahtera," tukas Eka. 


Sementara itu Ketua Ikatan Keluarga Perantau Turawan (IKPT) H. Dori yang juga ketua pelaksana menyampaikan, ucapan dan ungkapan terima kasih atas kehadiran Bupati dan tokoh masyarakat lainnya. "Pembangunan Masjid ini merupakan berkah bagi kita masyarakat Turawan, yang nantinya bakal memiliki Masjid yang lebih representatif dan megah lagi. Tentunya juga disampaikan terima kasih kepada Yayasan Ombilin Nur yang merupakan donatur utama," ujar H. Dori. 


Hal senada disampaikan Budiawan yang mewakili Yayasan Ombilin Nur, dimana dukungan dan kerjasama panitia serta masyarakat sangat besar. "Terima kasih atas dukungan masyarakat dan kita semua, terutama kerjasama dengan IKPT, sehingga pembangunan Masjid ini bisa dilaksanakan," ungkapnya. 


Selepas itu tokoh masyarakat setempat Suherman Saleh Dt. Majo Nan Sati juga menyampaikan, terima kasih atas dukungan masyarakat Turawan terhadap rencana pembangunan Masjid Taqwa yang baru. "Sesuai rencana, Masjid ini akan dirobohkan dan dibangun baru yang diperkirakan selesai 1,5 tahun ke depan. Terima kasih atas sumbangan donatur dan dukungan masyarakat dan semua pihak," katanya. 


Kemudian Suherman Saleh menyampaikan, semoga amal ibadah yang telah diberikan untuk pembangunan masjid ini menjadi ibadah di sisi Allah SWT. Masjid Taqwa ini awal bangunannya dari kayu, kemudian dirombak dan dibangun kembali sebanyak 3 kali, kemudian dimulai hari ini juga akan dirombak atau dibangun untuk ke 4 kalinya. 


"Jangan risau, Insya Allah amal ibadah bapak dan ibuk yang telah membantu untuk pembangunan Masjid dari awal sampai hari ini dan ke depan selagi dimanfaatkan untuk beribadah akan dinilai pahalanya oleh Allah SWT," pungkasnya. 


Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar periode 2016 - 2021 Zuldafri Darma bersama istri, Staf Ahli Bupati Nusyirwan, Camat Rambatan, Forkopimca Rambatan, Wali Nagari, ninik mamak, bundo kanduang dan undangan lainnya. (fdy)