Pemkab Lima Puluh Kota Lakukan Percepatan Pengarusutamaan Gender -->

Iklan Atas

Pemkab Lima Puluh Kota Lakukan Percepatan Pengarusutamaan Gender

Senin, 22 November 2021
.


Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com -  Kabupaten Lima Puluh Kota bertekad mengoptimalkan perwujudan kesetaraan gender  di daerahnya. Tekad ini diyakini dapat terlaksana setelah sebelumnya pada tahun 2020, Indeks Pembangunan Gender Kabupaten Lima Puluh Kota mencapai sebesar 94,93%. Angka ini mencerminkan bahwa pembangunan perempuan dan laki-laki di Kabupaten Lima Puluh Kota sudah semakin setara.


Hal itu disampaikan oleh Bupati Lima Puluh Kota diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Fitma Indrayani, S.H. pada pembukaan Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Penandatanganan komitmen bersama Bupati dan Kepala Perangkat Daerah/Pokja dan Stakeholders se-Kabupaten Lima Puluh Kota di Pendopo Rumah Dinas Bupati Lima Puluh Kota pada Senin (22/11/2021). 


Turut hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat (DPPA Sumbar), Sukarma, S.E, Ketua TP-PKK Kabupaten Lima Puluh Kota Ny. Nevi Safaruddin, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima Puluh Kota. Tampil sebagai narasumber kunci pada sosialisasi itu Ari Razmaea, SH, dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.


Tujuan sosialiasi ini untuk memberikan advokasi, meningkatkan pemahaman, dan membangun komitmen bersama antara kepala daerah dengan seluruh anggota pokja, instansi vertikal serta stakeholders (pemangku kepentingan-red) terkait pengarusutamaan gender. Di sisi lain juga mewujudkan sistem yang demokratis, pemerintah yang desentralitis, pembangunan daerah yang berkelanjutan, serta pemberdayaan masyarakat dan partisipasi. 


Selain itu, PUG merupakan strategi mengintegrasikan perspektif gender dalam pembangunan yang dimulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi seluruh kebijakan, program dan kegiatan pembangunan.


Pada kesempatan tersebut, Sekretaris DPPA Sumbar mendukung percepatan pelaksanaan PUG di Kabupaten Lima Puluh Kota. Karenanya pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi implementasi percepatan PUG dalam bentuk Penandatanganan Komitmen Bersama Bupati dan Kepala Perangkat Daerah/Pokja dan Stakeholders se-Kabupaten Lima Puluh Kota. 


“Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyampaikan apresiasi atas langkah strategis yang telah dilakukan Pemkab Lima Puluh Kota melalui penandatanganan Komitmen Bersama dalam melaksanakan PUG dalam pembangunan,” ungkap Sukarma. Hal ini bermuara kepada meningkatnya upaya bersama mewujudkan kesetaraan gender yang lebih optimal di Kabupaten Lima Puluh Kota. 


Sementara itu, dalam kapasitasinya selaku Sekretaris Kelompok Kerja PUG Kabupaten Lima Puluh Kota Fiddria Falla, AP, M.Si menjelaskan Kabupaten Lima Puluh Kota telah berupaya melaksanakan komitmen untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui strategi pengarusutamaan gender dalam pembangunan. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Pratama pada tahun 2020. (Ul)