Pemkab Padang Pariaman Adakan Penguatan Bunda PAUD -->

Iklan Atas

Pemkab Padang Pariaman Adakan Penguatan Bunda PAUD

Rabu, 10 November 2021
.


Parit Malintang, fajarsumbar.com - Peranan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD l) sangat penting untuk menghasilkan generasi emas dan berkualitas. Potensi anak harus dikembangkan sejak dini dengan menyesuaikan diri dan lingkungannya. 


Hal itu disampaikan Bupati diwakili Sekdakab Rudy Repenaldi Rilis, S.STP.MM ketika membuka acara Penguatan Bunda PAUD se-Kabupaten Padang Pariaman di Hall Kantor Bupati, Rabu (10/11/21).  


Dikatakannya, PAUD membantu perkembangan motorik, kognitif, bahasa dan sosial emosi anak. Kemudian PAUD sangat berperan penting dalam mewujudkan SDM unggul, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai kepribadian pada anak.


Menurut dia, penyelenggaraan PAUD dapat meletakkan proses pengembangan kemampuan berpikir yang lebih tinggi, keterampilan dan  penguatan karakter. Namun tetap berbasis pada kegiatan bermain.


Sekda menambahkan bahwa Bunda PAUD memiliki peranan penting, diantaranya sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Berkualitas di Indonesia. 


"Setidaknya memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi dan advokasi dengan mengoptimalkan sumber dana untuk mendukung penyelenggaraan layanan PAUD berkualitas di wilayahnya" tegas Sekda Rudi. 


Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pariaman Drs. Anwar, M.Si mengatakan kegiatan ini diikuti oleh seluruh Bunda PAUD tingkat Kecamatan dan Nagari. Juga bertujuan untuk meningkatkan sinegritas, serta penguatan dalam menciptakan generasi sehat, generasi hebat dan berkualitas.


“Hal demikian untuk mendorong dan memotivasi para orang tua. Bunda Paud sebagai agen perubahan untuk mewujudkan budaya hebat pendidikan maju" tegas Anwar. 


Sementara itu, Bunda PAUD Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur mengatakan bahwa Bunda PAUD adalah predikat yang diberikan kepada istri Kepala Pemerintahan dan Kepala Daerah  yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini di wilayahnya.


Kata dia, tugas dari Bunda PAUD Kecamatan itu membentuk kelompok kerja dengan menggandeng Dinas Dikbud, organisasi mitra, profesional atau pemangku kepentingan lainnya. 


Ia menjelaskan peran Bunda PAUD Kecamatan dan Nagari dengan melakukan kerjasama Forkopimca,  organisasi seni, budaya dan kesehatan, puskesmas, perusahaan swasta, organisasi sosial, Organisasi profesi. 


Kegiatan ini juga dihadiri Ketua GOW Yusneli Rahmang, Ketua Dharma Wanita Persatuan Yanti Rudy Repenaldi Rilis, serta Bunda PAUD Kecamatan dan Nagari se Kabupaten Padang Pariaman. (r-saco)