Sekitar 200 Personel Gabungan Diturunkan Amankan MTQ Sumbar di Padang Panjang -->

Iklan Atas

Sekitar 200 Personel Gabungan Diturunkan Amankan MTQ Sumbar di Padang Panjang

Senin, 08 November 2021

 

Rapat persiapan pengamanan MTQ Sumbar di Padang Panjang.

Padang Panjang, fajarsumbar.com -Menyukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatra Barat di Kota Padang Panjang, Polres dan Pemko pastikan keamanan pelaksanaannya.


Hal ini disampaikan, Waka Polres, Kompol Alvira, S.H, saat rapat keamanan MTQ, Senin (8/11) di aula Mapolres. 


Rapat juga dihadiri Kabag Ops, AKP Simamora, Kepala Satpol PP Damkar, Drs. Alber Dwitra, MM, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Arkes Refagus, S.Sos,  dan perwakilan TNI.


Alvira mengatakan, untuk menjamin kegiatan pengamanan dan angkutan selama gelaran MTQ, diawali dengan tahap persiapan. 


"Hari ini kita melakukan pengecekan kesiapan personel yang akan ditugaskan di setiap lokasi, serta pengecekan terhadap sarana yang digunakan dan juga mengecek lokasi yang akan dipergunakan selama MTQ. Baik lokasi perlombaan dan juga penginapan," jelasnya.


Sekitar  200 personel gabungan akan diturunkan dalam proses pengamanan pelaksanaan MTQ alek keagamaan ini.


Ia meminta persiapan pengamanan MTQ ini dimulai dari pengawalan kedatangan kafilah kabupaten/kota, pengamanan pelaksanaan administrasi kafilah, pelantikan dewan hakim, pembukaan MTQ, pelaksanaan lomba, dan sampai penutupan.


Untuk memaksimalkan pengamanan, Alvira mengatakan, butuh koordinasi yang baik semua pihak baik Polri, TNI  maupun OPD terkait.


"Koordinasi dari semua pihak terkait sangat penting. Baik itu terkait pengamanan di lokasi pelaksanaan, lokasi penginapan, transportasi, dan sampai dengan parkir. Sebisa mungkin tidak ada komplain dari kontingen," jelasnya.


Untuk pengamanan ini, Alvira berharap seluruh masyarakat Padang Panjang bisa ikut terlibat aktif untuk menjaga keamanan di lokasi masing-masing, menghormati setiap tamu yang datang. Sehingga Padang Panjang benar-benar siap mengamankan dan menyelenggarakan MTQ.


Sementara itu, untuk persiapan transportasi yang akan dipergunakan selama gelaran MTQ, Arkes mengatakan, pemko sudah menyiapkan 58 unit kendaraan yang akan dipergunakan sebagai angkutan dewan hakim, announcer, IT dan operator.


"Sebanyak 58 kendaraan terdiri dari bus roda enam, mobil pribadi, dan juga mobil operasional pemko. Semua kendaraan ini akan kita lakukan uji kelayakan sebelum dipergunakan," kata Arkes.


Sebelum hari H, juga akan dilakukan apel persiapan tim gabungan pada Kamis (11/11) mendatang. Serta melakukan pengecekan dan uji kelayakan transportasi yang dipergunakan untuk mendukung pelaksanaan MTQ. (syam)