Sorak Sorai Penonton Warnai Lomba Fahmil Quran -->

Adsense-ATAS

Sorak Sorai Penonton Warnai Lomba Fahmil Quran

Minggu, 14 November 2021
Pendukung regu yang berlomba pada cabang Fahmil Quran (cerdas cermat) di Mifan Water Park, Minggu (14/11).


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Sorak sorai  penonton meqarnai shasana uditorium Mifan Waterpark dalam perlombaan Cabang Fahmil Quran (Cerdas Cermat) MTQ ke-39 Sumbar, Minggu(14/11).


Sorak sorai penonton dan pendukung yang menggema di dalam ruangan auditorium itu, membuat para peserta yang tampil bersemangat dan  percaya diri untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan dewan hakim.


Koordinator lomba  cabang Lomba Fahmil Quran, Editiawarman  menjelaskan, Musabaqah Fahmil Quran adalah jenis lomba pemahaman atau pendalaman Alquran dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Alquran dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat.


“Peserta beregu (dua atau tiga orang) yang salah seorang dari regu sebagai juru bicara. Musabaqah dilakukan dengan  sistem gugur dalam babak penyisihan, semifinal dan final,” jelasnya.


;ateri pokok yaitu materi kuliah pendidikan agama Islam di perguruan tinggi yang meliputi aqidah, syariah, akhlak, ulumul quran, bahasa Arab, Inggris dan Indonesia menerjemahkan Al Qyuran, hadist, kemasyarakatan, lingkungan hidup, kependudukan, kesejahteraan, kerukunan, ilmu pengetahuan dan teknologi.


“Materi tambahan meliputi ilmu tajwid, menjelaskan/mensyarahkan maksud Ayyat, ilmu tafsir, kisah-kisah dalam Alquran, sejarah Islam (tarikh), sejarah perkembangan Islam di Indonesia, seni baca Alquran dan lain-lainnha.  Materi disajikan dalam bentuk soal yang terdiri atas dua macam, yaitu soal regu dan soal lontaran (rebutan).  Pelaksanaan secara rinci dijelaskan panitia pada pertemuan teknis,” lanjutnya.


Edi menambahkan, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan. Final pada Rabu (17/11). Perlombaan diikuti seluruh utusan kafilah kabupaten/kota se-Sumaera Barat yang dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga selesai.


“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancer, serta tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. (syam)