STMIK Indonesia Padang Menuju Berubah Status Jadi Universitas -->

Iklan Atas

STMIK Indonesia Padang Menuju Berubah Status Jadi Universitas

Sabtu, 27 November 2021
.


Padang, fajarsumbar.com - Guna meningkatkan mutu pendidikan, Sekolah Tinggi Manajemen Informasi dan Komputer (STMIK) Indonesia Padang, terus mendorong dan memberi kesempatan bagi dosen untuk menjalani studi lanjut, meningkatan jabatan fungsional dan mengikuti berbagai kegiatan akademik.


Dengan demikian STMIK Indonesia Padang telah memiliki 3 orang dosen bergelar Doktor (S3) dan 5 orang dosen sedang menjalani studi S3 dan 93% dosen itu telah memperoleh sertifikat pendidik.


"Semoga ke depannya dapat meningkat jumlah dosen yang memperoleh sertifikat pendidik bisa menjadi 100 %," ungkap Ketua STMIK Indonesia Padang Masyhuri Hamidi, SE., M.Si., Ph.D.CFP, dalam sambutannya pada wisuda program Sarjana Strata Satu (SI) Program Studi (Prodi) Sitem Informasi ke-43 semester genap tahun akademik 2020/2021 di Hotel Kyriad Bumi Minang Padang, Sabtu (27/11/2021).


Menurutnya, lulusan SI Sistem Informasi STMIK Indonesia Padang yang diwisuda dalam sidang terbuka senat STMIK Indonesia Padang secara offline dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Masiswa diwisuda berjumlah 139 orang, dengan total alumni secara keseluruhan telah mencapai sebanyak 5.318 orang. 


Lebih jauh Masyhuri mengatakan, dari segi penambahan Prodi, STMIK Indonesia Padang saat ini telah memiliki dua prodi baru, yakni Prodi Informatika dan Prodi Bisnil Digital S1. Sedangkan untuk memulai tahun ajaran pertamanya, dilaksanakan pada semester genap 2021/2022 di Februari 2022.


Keberhasilan lainnya, yakni terkait akreditasi Prodi SI Sistem Informasi dan akreditasi institusi, masing- masing memperoleh akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional (BAN PT).


Dengan keberhasilan yang telah dicapai itu Masyhuri berharap, STMIK Indonesia Padang ke depan, bisa menuju dan berubah status menjadi sebuah universitas.


Kepada wisudawan/wisudawati, jadikanlah keberhasilan yang dicapai ini, sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi demi keberhasilan yang akan datang dengan membawa nama baik STMIK Indonesia Padang sebagai almamater.


"Keberhasilan saudara dalam menyelesaikan kuliah ini membutuhkan biaya, waktu dan pengorbanan yang tidak sedikit, hendaknya bisa menghasilkan sikap kemandirian serta tanggungjawab dalam melakukan pengembangan ilmu dan peningkatan kapasitas diri," harap Masyhuri. 


Ketua Pengurus Yayasan Amal Bakti Mukmin Padang diwalkili Ir. Firlan Mustafa MM memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Masyhuri Hamidi dan segenap civitas akademika yang telah berjuang tanpa kenal lelah membenahi intitusi dan mendidik sumber daya manusia ke arah yang berkulitas.


Dengan kerja keras beliau dan kekompakan tim, "Alhamdulillah 2 prodi baru telah disetujui oleh Mendikbud Ristek RI, yaitu Prodi Informatika dan prodi Bisnis Digital. Tak hanya itu saja, ditengah-tengah kondisi yang sulit ini mahasiswa juga telah menyumbangkan karyanya berupa prestasi-prestasi yang gemilang, kemudian membuat kerjasama, baik dengan pemerintah daerah, perguruan tinggi serta dengan sejumlah perusahaan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA mengatakan, dalam upaya membangun kualitas Perguruan Tinggi (PT), tidak terlepas dari seluruh pemangku kepentingan di PT, baik yayasan, pimpinan maupun civitas akaemika dan alumni.


Terkait pentingnya hal itu, sebut Herri mutu PT secara terus menerus harus diperbaiki, sedangkan pelaku pendidikan harus pula berani melakukan evaluasi diri, agar menghasilkan lulusan yang lebih baik, kompeten dan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.


Prof Herri, juga mengapresiasi capaian yang dihasilkan STMIK Indonesia Padang, seperti meningkatkan kompetensi Dosen dari jenjang Starata Dua (S2) ke jenjang S3 menjalin kerjasama dengan sejumlah PT, stake holder dan menambah Program Studi (Prodi), namun hal itu perlu dikembangkan dan ditingkatkan.


Ketika dikonfirmasi fajarsumbar.com terkait lulusan terbaik pada wisuda ke-43 tahun 2021 ini, Wakil Ketua II STMIK Indonesia Padang HM. Dahniel Dahlan. SE., MM menyebutkan, sebagai lulusan terbaik satu, atas nama Febi Fitria dengan Indek Prestasi Kamulatif (IPK) 3,76, terbaik dua Fithra Ryaldi, IPK 3, 76 dan terbaik tiga Hidayat dengan IPK 3, 72. (RDz)