Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Lurah Kincia -->

Iklan Atas

Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Lurah Kincia

Rabu, 10 November 2021

 

.

Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com -- Memperingati Hari Pahlawan tahun ini dengan tema ‘'Pahlawanku Inspirasiku” , Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso S.I.K, Sekretaris Daerah Widya Putra bersama Forkopimda dan kepala OPD melaksanakan upacara tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Lurah Kincia, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari (10/1)


Kegiatan ziarah dan tabur bunga dilaksanakan setelah Upacara peringatan Hari Pahlawan ke 76 tahun 2021 di Lapangan Upacara kantor Bupati Kabupaten Limapuluh Kota. Bupati Safaruddin mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan di tahun ini merupakan yang pertama bagi beliau sebagai Bupati, karena saat ini masih di tengah pandemi Covid-19, upacara dilakukan dengan waktu yang lebih singkat, terbatas, dan sederhana.


Tema Hari Pahlawan tahun ini memiliki makna bahwa semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan harus dapat menginspirasi dan menggerakkan seluruh elemen bangsa untuk mengemban misi bersejarah yaitu mengalahkan kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas


Meskipun peringatan hari pahlawan ini hanya dilaksanakan dengan ziarah, Bupati Safaruddin berpesan harus selalu mengenang jasa para pahlawan yang pada waktu itu telah bersusah payah merebut kemerdekaan Republik Indonesia. 


"Perjuangan para pahlawan patut dijadikan inspirasi bagi generasi penerus. Merupakan suatu kewajiban bagi penerus untuk menjaga kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan. Kita hendaknya selalu mengingat sejarah panjang para pejuang dalam merebut kemerdekaan. Paling penting kita bisa melanjutkan pembangunan untuk memberantas kemiskinan dan kebodohan", ujar Safaruddin.


Bupati Safaruddin menegaskan, saat ini berjuang tidak hanya membawa senjata saja. Tetapi perjuangan dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kondisi yang ada. Bangsa kita sedang diuji dengan Pandemi Covid-19, petugas-petugas yang terlibat langsung berjuang dalam penanganan Covid-19 ini tentunya sudah menjadi pahlawan bagi masyarakat. Kita sebagai warga negara yang baik juga bisa menjadi pahlawan bagi sekitar kita dengan bersama sama bergotong royong supaya mau melaksanakan Vaksinasi agar Pandemi ini dapat diatasi sehingga pembangunan berjalan dengan sebagai mana mestinya," tutupnya.


Acara tabur bunga ini juga diikuti oleh Camat Situjuah Limo Nagari, Wali Nagari, TNI, Polri, Niniak Mamak, dan sejumlah siswa sekolah di Kecamatan Situjuah Limo Nagari ditutup dengan peletakan karangan bunga sebagai tanda penghargaan atas jasa para pahlawan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahunnya.(Ul)