Warga Parik Muko Aia Ikuti Vaksinasi Siang Hari, Ternyata Ini Alasannya -->

Adsense-ATAS

Warga Parik Muko Aia Ikuti Vaksinasi Siang Hari, Ternyata Ini Alasannya

Senin, 15 November 2021
Kondisi vaksinasi di RW II Kelurahan Parik Muko Aia 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi dari biasanya, di RT II / RW II Api-Api kelurahan Parik Muko Aia kecamatan Lamposi Tigo Nagari (Latina), tampak warga setempat mengikuti vaksinasi covid-19 dari Puskesmas Lampasi, siang hari. Puluhan warga tampak hadir di kantor RW. Untuk kita ketahui kawasan ini merupakan kawasan yang masih asri di Kota Payakumbuh. 


Saat dikonfirmasi, Lurah Parik Muko Aia, Suci Ariny Haqi membenarkan kondisi tersebut. 


"Ini adalah langkah kita untuk mengajak warga mau dan ikut vaksinasi covid-19. Kita turuti kemauan warga. Alasannya, pagi hari warga RW II sibuk di sawah dan di ladang. Sebagian mereka adalah buruh kebun, dan sebagian lain adalah penggarap serta pemilik lahan. Biasanya, waktu Dzuhur warga sudah pulang bekerja. Momen inilah yang kita manfaatkan untuk pelaksanaan vaksinasi,"terang Lurah Suci didampingi Sekretarisnya Henrison, Bhabinkantibmas dan Ketua RW II M. Yusuf, Senin (15/11/2021) siang. 


Diterangkan Lurah yang baru dilantik bulan September 2021 lalu ini, bahwa capaian vaksinasi di kelurahan Parik Muko Aia hingga hari ini baru 43,24 % dari 1205 warga. Dirinya berharap, dengan sistem jemput bola ini warga bisa lebih sadar akan pentingnya warga mendukung pemerintah menggapai herdimunity, dengan ikut vaksinasi. 


"Ada sekitar 300 warga RW II yang wajib atau mesti ikut vaksin, kita berharap hari ini bisa kita lakukan vaksinasi covid-19 dosis I jenis Pfizer untuk 50 warga. Hari ini juga sejumlah warga akan menjalani vaksinasi tahap II, jenis cinovac,"ungkap Suci, lagi sembari mohon pamit ikut rakor dengan Walikota. 


Sementara, Ketua RW II M. Yusuf dengan penuh harap juga menghimbau agar warganya ikut menyukseskan program vaksinasi ini. 


"Tujuan utama adalah bagaimana menggaek warga disini untuk menyukseskan sumdarsin. Untuk itu Kita hadir mendampingi, walau tampa sauvenir. Kami akui, masih banyak yang belum vaksin. Mari kita vaksin penuh sadar, tanpa ada yang melatarbelakangi,"ucap M. Yusuf 


Dialah Martianis (58) bersuku Picancang yang ikut vaksin kedua, menyebutkan bahwa dirinya ikut vaksin penuh sadar. 


"Saya baru pulang dari bekerja di sawah, sebelumnya saya mendengar informasi terkait vaksin, dan saya hadir untuk vaksin kedua jenis cinovac. Ini kesadaran kami sendiri tampa paksaan. Itikat kami adalah berserah diri kepada Allah SWT,"ujar Martianis. 


Sebelumnya, Camat Latina Diki Engla berpesan agar warganya ikut vaksin. Dirinya juga berpesan agar warga ikut vaksin selalu patuh protokol kesehatan.(Ul)