42 Mustahiq Terima Zakat Padang Panjang Makmur dan Padang Panjang Peduli -->

Iklan Atas

42 Mustahiq Terima Zakat Padang Panjang Makmur dan Padang Panjang Peduli

Jumat, 24 Desember 2021
Penyerahan secara simbolis bantuan Baznas untuk 42 mustahiq.


Padang Panjang, fajatsumbar.com - Sebanyak 42 mustahiq (penerima zakat) menerima bantuan zakat Program Padang Panjang Makmur dan Panjang Peduli. Ini kerja sama Baznas  dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperdakop UKM) Padang Panjang.


Zakat yang disalurkan kali ini dikhususkan  pemberian bantuan modal bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di  Padang Panjang  42 orang.


“Mustahiq 42 orang ini merupakan  pelaku UMKM yang ada di Padang Panjang. Untuk bantuan modal usaha, ada 39 orang akan menerima dengan total dana Rp85 juta,” kata Ketua Baznas, Syamsuarni, S.Ag saat menyampaikan laporan pada acara penyaluran zakat tersebut di aula Senja Kenangan, Kamis (23/12).


Syamsuarni mengatakan, para mustahiq diberikan nota yang akan dibelanjakan ke pasar. Setelah itu, dikembalikan lagi ke Baznas dan Baznas yang akan membayar total tagihan belanja sesuai nota yang bersangkutan.


“Di samping itu, juga ada zakat untuk penerima konsumtif sebanyak tiga orang dengan total dananya Rp3 juta. Jadi total keseluruhan zakat yang disalurkan Rp88 juta untuk 42 mustahiq,” jelasnya.


Syamsuarni berharap para mustahiq mempergunakan dana zakat ini sebagaimana mestinya dan sesuai dengan peruntukan. 


“Penyaluran zakat Baznas sepenuhnya demi kepentingan umat dalam menunjang berbagai aspek. Baznas juga berperan penting dalam upaya Pemko memberantas kemiskinan,” pungkasnya.


Sementara itu, walikota diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Zulkifli, S.E, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Baznas yang telah bekerja sama dengan Disperdakop UKM untuk menyalurkan zakat.


Melalui program zakat ini, Zulkifli berharap bisa membantu pelaku UMKM dalam menghadapi krisis dan kembali berusaha dengan bantuan modal yang diberikan.


“Pergunakanlaah dana zakat yang telah diberikan ini dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan peruntukannya. Semoga  berkah dan usahanya semakin maju,” tuturnya.


Turut hadir Kepala Disperdakop UKM, Javie Carter Eka Putra, MT, Kasi Bidang Wakaf dan Zakat Kemenag, Basri. (syam)