Bersatu Dalam Perbedaan, Camat Payakumbuh Utara Kukuhkan Perangkat Kelurahan OTS -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Bersatu Dalam Perbedaan, Camat Payakumbuh Utara Kukuhkan Perangkat Kelurahan OTS

Selasa, 07 Desember 2021
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Dengan berakhirnya jabatan perangkat kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) periode 2018-2021, maka telah dilangsungkan pemilihan ulang untuk mengisi jabatan perangkat Rukun Tetangga (RT) dan perangkat Rukun Warga (RW) sekitar satu bulan lalu. 


Hari ini Selasa (07/12/2021) bertempat di aula kantor Lurah OTS dilangsungkan pengukuhan perangkat kelurahan yang nantinya akan berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan demi kemajuan pembangunan kelurahan. Sebanyak 58 tokoh masyarakat OTS dikukuhkan Camat Payakumbuh Utara, Joni Parlin didampingi Lurah OTS, Majri bersama Ketua LPM OTS, Khaidir. 


Salam pembukaannya, Lurah OTS, Majri kesempatan itu menyampaikannya ucapkan maaf. Seyogyanya pengurus RT dan RW dikukuhkan secepatnya, namun ada kesibukan pemerintahan yang tak bisa ditunda pelaksanaannya, yaitu percepatan vaksinasi covid-19 di kelurahan OTS yang tercacat masih dibawah target nasional. 


"Terima kasih atas kesediaan Bapak dan Ibu tokoh masyarakat OTS memenuhi undangan kami, dikala warga sedang sibuk mencari nafkah keluarga dan sebagainya. Kini saatnya Perangkat RT dan RW yang sudah dipilih warga secara langsung  artinya tidak ada calon yang ditetapkan kelurahan atau kandidat dari warga. Semangat demokrasi, siapa yang akan jadi pengurus RT dan RW dipercayakan kepada warga untuk memilihnya. Suara terbanyak kita dudukkan kini. Meski ada yang terpilih dengan suara terbanyak mundur diri, Kita hargai, dan kita lanjutkan kepada suara terbanyak setelahnya,'jelas Majri. 



"Pandemi hambat pengukuhan perangkat. Dengan berakhirnya masa jabatan lama, kita lakukan pemilihan baru. Ada yang terpilih dan ada yang melanjutkan kembali. Terima kasih kepada pengurus lama atas pengabdiannya, semoga dinilai sebagai amal shaleh disisi Allah. Dan kepada perangkat baru diharapkan untuk kedepannya lebih meningkatkan koordinasi, agar kelurahan kita semakin lebih baik lagi, nantinya. Berhubung kepengurusan LPM masih ada kekosongan, Pelantikan ditunda sementara. Jabatan Ketua masih dipegang ketua lama,"imbubnya. 


"Sebagai pemerintahan terkecil di Indonesia, diharapkan RT dan RW aktif berkoordinasi. Banyak program pemerintah kedepan yang butuh dukungan perangkat kelurahan. Semoga Kita tidak tertinggal lagi kedepannya dalam pelaksanaan program pemerintah Payakumbuh,"pesan Majri. 


Pelantikan perangkat Kelurahan OTS dilajujan Camat Payakumbuh Utara, Joni Parlin didampingi Lurah OTS, Majri bersama Kasi Pemerintahan kelurahan OTS, Vini. Setidaknya ada 58 nama tokoh masyarakat OTS tercantum pada SK bernomor 10 tahun 2021 tertanggal 7 Desember 2021.


Berikut perangkat kelurahan OTS periode 2022-2025: 

  1. Iswardi diamanahi sebagai Ketua RW I dibantu 5 Ketua RT bersama perangkatnya, 
  2. Ketua RW II dijabat Junaidi Syarif dibantu 4 Ketua RT dan perangkatnya, dan 
  3. Ketua RW III dijabat Fetrizal dibantu 5 Ketua RT dan perangkatnya. 


Camat Payakumbuh Utara, Joni Parlin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para tokoh masyarakat yang telah diamanahi warganya sebagai pemimpin. 


Diakui Joni Parlin, dirinya jarang berkunjung ke kelurahan OTS, kelurahan yang berbatas langsung dengan kabupaten Lima Puluh Kota. Camat Payakumbuh Utara ini baru hadir 2 kali di OTS, yakni saat gebyar vaksinasi covid-19. Joni Parlin yang juga hobi main bola ini berjanji akan hadir dalam kegiatan warga OTS, walau sebentar.


"Terima kasih kepada pengurus yang purna tugas, dan selamat kepadaMu pengurus baru. Selamat bertugas, semoga kedepan bisa jalankan amanah. Terkait honor dan tunjangan dari negara tidak seberapa. Tapi Kita wajib mensyukurinya. Tokoh yang pensiun agar selalu memberikan masukan yang membangun atau solusi problem kepada pengurus baru,"pesan Joni Parlin.. 


Diharapkan Joni, pengurus baru diharapkan bisa mendukung percepatan vaksinasi covid di kelurahan OTS. 


"Kito punyo Kampuang dan kito yang manjagonyo. Mari kita bersatu, satukan perbedaan demi kesejahteraan OTS. Mari Kita sukseskan percepatan vaksinasi covid-19. Jika covid-19 melandai, kita akan gelar iven warga,"ujar Joni Parlin yang siap mendukung kegiatan warganya. 


Kesempatan itu, Ketua Lpm Khaidir berharap kiranya Camat Payakumbuh Utara mencarikan solusi efektif guna penyatuan warga yang heterogen pasca penyatuan 3 kelurahan lama tahun 2015, lalu. 


"Bantulah Kami, Pak Camat. Satukanlah kami di OTS. Kami harap Pak Camat hadir ditengah kami saat kami butuhkan,"harap Ketua LPM. 


"Insya Allah, Ketua,"balas Joni Parlin, kala itu. 

Penghujung acara, Camat Payakumbuh Utara menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah warga yang pensiun dari perangkat kelurahan, diantaranya Nurmialis, Syahrul Tazar, Aditiawarman, Ifrianto, Arianto, dan Ilfi Saharianto.(Ul)