Bupati Buka Sosialisasikan Implementasi Tandatangan Digital -->

Iklan Atas

Bupati Buka Sosialisasikan Implementasi Tandatangan Digital

Senin, 06 Desember 2021

 

Bupati Eka Putra berikan sambutan sekaligus membuka acara Sosialisasi Implementasi Tanda Tangan Digital dan Sertifikat Elektronik, di Aula Kantor Bupati, Senin (6/12) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM membuka acara Sosialisasi Implementasi Tanda Tangan Digital dan Sertifikat Elektronik bagi Pejabat Administrator di lingkup Pemkab Tanah Datar dan Wali Nagari se-Tanah Datar, guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik berkualitas dan terpercaya, di Aula Kantor Bupati di Pagaruyung, Senin (6/12/2021). 


Bupati Tanah Datar menyampaikan, pemerintah daerah menyambut baik pelaksanaan sosialisasi dan berharap para peserta mengikuti dengan serius dan sebaik-baiknya. "Kepada para peserta ikuti sosialisasi ini sebaik-baiknya, agar dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel yang sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Tanah Datar," sampainya. 


Ditambahkan Bupati, saat ini kemajuan teknologi semakin berkembang, diharapkan Pemerintah Daerah harus mampu memanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat, ataupun dalam mendukung birokrasi di perkantoran. 


"Sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), untuk mendorong seluruh instansi pemerintah agar menerapkan layanan pemerintahan dan layanan publik berbasis elektronik," ujar Eka. 


Berawal dari itu, tambah Bupati, Pemerintah Daerah telah mulai mengembangkan tanda tangan elektronik, melalui aplikasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik/SIAPE dan Aplikasi Layanan Perizinan Terpadu/SIPINTAR.


"Sertifikat elektronik memiliki kekuatan sama dengan tandatangan digital, mempunyai jaminan keamanan transaksi tidak mudah dimanipulasi, dirusak atau disalahgunakan," ungkapnya. 


Disebutkan Eka lagi, sertifikat elektronik dapat memberikan jaminan otentifikasi data, integritas dan anti penyangkalan. Sedangkan tangan elektronik bermanfaat untuk menghemat waktu, efisiensi, paperles/minimalisir penggunaan kertas dan mempunyai kepastian hukum. 


"Sekali lagi, saya sampaikan terima kasih kepada narasumber dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), yang telah mendukung penerapan dan penerbitan tandatangan digital dan sertifikat elektronik, semoga aplikasi ini bisa dimanfaatkan lebih maksimal lagi," tukas Bupati. 


Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Abrar selaku pantia pelaksana menyampaikan, pelaksanaan sosialisasi selama sehari dihadiri Pejabat Administrator dan Wali Nagari se-Kabupaten Tanah Datar. 


"Sosialisasi ini dilaksanakan agar semua pejabat dan Wali Nagari lebih memahami dan mampu melaksanakan tanda tangan digital ataupun transaksi elektronik dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya," ujar Abrar. 


Agar sosialisasi berjalan maksimal, tambah Abrar, sengaja didatangkan narasumber Sofu Risqi Yulian Syaputra dari Balai Sertifikasi Elektronik BSSN. "Kita berharap dengan menghadirkan narasumber berkompeten, para peserta mampu untuk mempergunakan sistem dan transaksi elektronik dengan baik dan maksimal," pungkas Abrar. (fdy)