Bupati Suhatri But Minta Tamatan Pesantren Kembangkan Ilmu Buat Ummat -->

Iklan Atas

Bupati Suhatri But Minta Tamatan Pesantren Kembangkan Ilmu Buat Ummat

Sabtu, 04 Desember 2021


Bupati Suharti Bur di Ponpes Nurul Yaqin Harus (foto.dok.pro)

Gadua
- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menghadiri acara Pengukuhan Gelar Tuanku dan Ustadzah serta pemberian ijazah lulusan Aliyah, Tsanawiyah dan wisuda Tahfidz di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Korong Padang Bungo Nagari Hadir Kecamatan Anam Lingkuang, Sabtu (04/11/21).


Bupati Suhatri Bur mengucapkan selamat kepada para Tuangku dan Ustadzah yang dikukuhkan. Semoga dapat melanjutkan perjuangan para pendiri pondok pesantren, untuk mengembangkan dan menyebarkan ilmu yang diperoleh selama belajar di pondok pesantren.


"Acara pengukuhan gelar tuanku hari ini, bukanlah akhir dari perjuangan para santri untuk menimba ilmu agama. Melainkan merupakan awal untuk lebih memperdalam lagi pengetahuan dan ilmu agamanya dimanapun ia berada. Juga menyampaikan ilmu kepada seluruh lapisan masyarakat dalam menegakkan dan mensyiarkan agama Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah", jelasnya.


Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman juga memfokuskan pembangunan sumberdaya manusia melalui bantuan pengembangan pondok pesantren serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan. 


"Terkait belum adanya asrama putri di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Gadua, ia akan mengalokasikan dana pembangunan asrama dalam APBD 2023. Kini, APBD 2022 sudah final dan ditetapkan penggunaannya. Bila ada dana mencukupi, bisa ditampung pada APBD perubahan tahun 2022 natinya" ujar Suhatri Bur.


Kakankemenag diwakili Kasubag Epi Mayardi mengatakan pondok pesantren menempati posisi yang sangat strategis, karena Pemerintah memberikan perhatian penuh dan fokus kepada pondok pesantren. Pemerintah pusat meyakini bahwa Pondok Pesantren dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat khususnya para santrinya. Untuk itu, pemerintah melalui kementerian terkait memberikan bantuan stimulan dan program peningkatan kemandirian kepada seluruh pondok pesantren yang ada di seluruh Indonesia. 


Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Aprinal, S.Pd. Tk. Khatib Tanameh melaporkan. Jumlah santri dan santriwati pada Pondok Pesantren Nurul Yaqin sebanyak 95 orang, yang dikukuhkan sebanyak 5 orang Tuanku dan 1 ustadzah setingkat Aliyah. Sementara, lulusan Tsanawiyah yang menerima Ijazah sebanyak 16 orang dan wisuda Tahfidz sebanyak 10 orang.


Terlihat mendampingi Bupati, Kepala BKPSDM Armen Rangkuti, SE. MM, Kepala KUA Lubuk Alung Yusra Amir, S.Ag, mewakili Camat Yusri Rizal, S.Sos, MM. dan KUA Anam Lingkuang serta Wali Nagari Gadur bersama perangkat. 


Pondok Pesantren Nurul Yaqin yang didirikan Syekh. H. Ali Imran Hasan (almarhum) di Korong Ringan-Ringan Nagari Pakandangan, sudah memiliki 24 cabang yang tersebar di berbagai Nagari dan di luar Kabupaten Padang Pariaman. Kini, Pondok Pesantren Nurul Yaqin Gadur dipimpin Buya Husni Thamrin, S.Pd.I Tk. Labai Samad. (sa).