Forum DPB Padang Pariaman Dikukuhkan -->

Iklan Atas

Forum DPB Padang Pariaman Dikukuhkan

Selasa, 21 Desember 2021

Ketua KPU Padang Pariaman Zulnadi memimpin Rapat Koordinasi dan mengukuhkan Forum DPB. (foto.dok.pro)

Parik Malintang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman bersama dengan seluruh stakeholder, menyepakati diresmikannya Forum Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDB) tingkat Kabupaten Padang Pariaman di Ruang Rapat KPU, Senin (21/12/21).


Pengukuhan Forum DPB ini dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) yang dihadiri oleh stakeholder terkait. Yakni unsur TNI, POLRI, Bawaslu, Disdukcapil, Kesbangpol, Camat dan Wali Nagari se-Kabupaten Padang Pariaman.


Ketua KPU Padang Pariaman Zulnadi dalam pengarahannya menyampaikan urgensi dari program dan strategisnya Forum DPB yang dibentuk. Ia berharap agar sinergi antar lembaga yang tergabung dalam forum, bisa maksimal demi kualitas data pemilih. Juga peran serta masyarakat luas, untuk memberikan respon atau masukan terkait data yang terus dimutakhirkan. 


"Bagi pihak manapun yang ingin melihat dan memberikan masukan terhadap DPB dapat mengakses melalui laman website KPU dan beberapa platform medsos yang resmi dikelola KPU" sebut Zulnadi.


Kesemua ikhtiar ini, kata dia, demi tersedianya daftar pemilih yang berkualitas dan merupakan salah satu komponen penting dalam agenda politik Nasional atau Pemilu.


Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari  Peraturan KPU nomor 6 tahun 2021 tentang Pemutakhiran DPB, meskipun kegiatan pemutakhiran telah berjalan sejak bulan Maret 2021 lalu. 


"Untuk selanjutnya, Forum DPB akan saling berkoordinasi melalui media teknologi informasi. Yakni berupa group whatsapp, link bit ly, dan rapat koordinasi secara berkala sekali 3 bulan" ungkap Zulnadi. 


Pemutakhiran Data PDB ini, merupakan program KPU RI untuk memastikan data pemilih ini up to date, akurat dan komprehensif. Sehingga beban pemutakhiran yang bertumpuk selama ini saat menjelang pemilu saja, akan bisa dicicil dan tuntas secara berkala tiap bulan sepanjang tahun, ujarnya mengakhiri.(r-saco).