Forum Komunitas Wartawan Sahabat Anak Tanah Datar Terbentuk -->

Adsense-ATAS

Forum Komunitas Wartawan Sahabat Anak Tanah Datar Terbentuk

Rabu, 22 Desember 2021

 

Kadis Sosial PPPA Yuhardi foto bersama dengan dengan Wartawan Sahabat Anak Tanah Datar, di Aula Kantor Bupati


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Tanah Datar memfasilitasi terbentuknya Forum Komunitas Wartawan Sahabat Anak di Kabupaten Tanah Datar, dengan dihadiri lebih kurang 30 orang wartawan, di Aula Kantor Bupati Tanah Datar, Selasa (21/12/21). 


Kepala Dinas Sosial PPPA Drs. Yuhardi didampingi Kabid Pencegahan, Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Sumsum Horda, SH. dalam sambutannya katakan, pembentukan Komunitas Wartawan Sahabat Anak tersebut dengan menghadirkan sejumlah awak media, sebagai barometer pemberi informasi, dalam rangka implementasi pemenuhan hak anak dibidang informasi dan komunikasi, dengan mewujudkan pemberitaan ramah anak. 


"Jurnalis sebagai empat pilar pembangunan selain pemerintah, dunia usaha dan masyarakat memiliki peranan sangat penting dalam pemenuhan hak anak dibidang informasi dan komunikasi tersebut, terutama dalam hal pemberitaan wartawan harus merahasiakan identitas anak," ujar Yuhardi. 


Kadis Sosial PPPA tambahkan, diharapkan kepada rekan-rekan wartawan dalam pemberitaan dapat menyajikan informasi yang ramah terhadap anak agar dapat memperhatikan prinsip konvensi hak anak, non diskriminasi, kepentingan terbaik anak dan hak hidup tumbuh berkembang serta adanya partisipasi terhadap anak.


"Meskipun tanggung jawab atas perlindungan anak menjadi kewajiban semua pihak, namun keberadaan wartawan disini juga sangat penting, mengingat terbukanya keran informasi yang dengan mudah dapat diakses oleh anak saati ini" ucap Yuhardi lagi. 


Dalam acara pembentukan Forum Komunitas Wartawan Sahabat Anak dipercayakan Ketua terpilih kepada Wartawan Senior Tanah Datar, Wirmas Darwis, sedangkan sekretaris Sri Purnamawati dan Etri sebagai Bendahara, serta dilengkapi dengan 6 klaster atau bidang. (fdy)