Indonesia vs Malaysia: Palang Pintu Harimau Malaya Meragukan -->

Adsense-ATAS

Indonesia vs Malaysia: Palang Pintu Harimau Malaya Meragukan

Jumat, 17 Desember 2021

.


Jakarta - Jelang pertandingan Indonesia vs Malaysia dalam laga terakhir fase grup Piala AFF 2021, duet bek tengah Harimau Malaya dinilai meragukan.


Malaysia tidak akan tampil dengan duet palang pintu yang diandalkan selama ini, Aidil Zafuan dan Shahrul Saad, lantaran mengalami cedera dalam laga melawan Vietnam.


Tanpa dua bek senior tersebut, Malaysia akan mengandalkan Dominic Tan dan pemain keturunan Dion Cools, sebagaimana dikutip CNNindonesia.com.


Pemasangan Tan dan Cools sebagai dua bek tengah dalam formasi empat pemain belakang justru dinilai bukan solusi tepat oleh mantan pemain timnas Malaysia yang juga pernah menjabat sebagai penasihat global Blackburn Rovers, Serbegeth 'Sebby' Singh.


"Dalam situasi yang dihadapi sekarang, pasangan Cools dengan Dominic berisiko tinggi. Cuaca bisa mengganggu Cools sementara Dominic masih belum menunjukkan bukti dia layak beraksi di pentas internasional," ucap Singh.


Sosok yang pernah memperkuat timnas Malaysia di era 1980-an itu menyarankan pelatih Tan Cheng Hoe menempatkan tiga bek tengah.


"Mungkin sudah tiba saatnya bermain dengan tiga bek tengah. Rizal Ghazali, Cools, serta Dominic sebagai pemain bertahan akan membantu Cools sebagai sweeper."


"Di posisi sweeper, Cools bisa mengawal saat bertahan tanpa membuang tenaga. Kita perlu pertahanan yang tenang serta vokal dan di sini saya lihat Cools yang paling layak," beber Singh dikutip dari Berita Harian.


Timnas Indonesia dan Malaysia saat ini merupakan dua dari tiga kesebelasan yang berpotensi meraih tiket ke semifinal dari Grup B, selain Vietnam yang akan melawan Kamboja pada Minggu (19/12).


Saat ini Indonesia menempati posisi puncak klasemen Grup B dengan 7 poin, sama dengan Vietnam. Sementara Malaysia menduduki peringkat ketiga dengan 6 poin. (*)