ITP Tahun 2021, Raih Prestasi, Perguruan Tinggi Informatif dan Hibah Program KKM -->

Adsense-ATAS

ITP Tahun 2021, Raih Prestasi, Perguruan Tinggi Informatif dan Hibah Program KKM

Rabu, 08 Desember 2021
Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T saat beri keterangan pada wartawan.


Padang, fajarsumbar.com - Institut Teknologi Padang (ITP) berhasil meraih prestasi hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Program Bantuan Program Studi Menjadi Model Center Of Excellence Merdeka Belajar Kampus Merdeka (CoE MBKM) dan salah satu perguruan tinggi pendamping SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK).


Dengan demikian, tahun 2021 ini ITP menerima hibah PKKM sebesar Rp2,3 Miliar, Rp.160 juta dari hibah CoE, Rp.50 juta dari hibah SMK-PK dan bantuan alat senilai Rp.500 juta pada hibah P3TP, dengan total mencapai lebih dari Rp3 Miliar.


Mendapatkan hibah PKKM ini, tidak diberikan begitu saja, bahkan ITP bersaing dengan 400 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, namun  ITP masuk ke liga tiga yang secara kamulatif jumlah mahasiswa ITP lebih kecil dibawah 5 ribu.


Dari sejumlah PTS di Sumatera Barat yang bersaing untuk mendapatkan hibah dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Riset RI) itu, satu- satunya PTS yang menerima hibah PKKM, adalah  ITP.


Hal tersebut diungkapkan Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T, didampingi Wakil Rektor I Firmansyah David, Ph.D, Wakil Rektor II Yusreni Warmi, Dr. Eng , Kep Biro Humas dan Kerja Sama Anna Syahrani, M. Eng dan Kabag  Kerja Sama dan Komunikasi Publik Febrianatasari, kepada awak media di Kampus ITP Jalan Gajah Mada Padang, Selasa, (07/12/2021).


Lebih jauh Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T mengatakan, dengan hibah PKKM ini, telah sama-sama kita rasakan manfaatnya, antara lain bisa memberikan program magang bagi mahasiswa di perusahaan yang ada di Indonesia.


Disisi lain, dosen dilibatkan untuk mengikuti wokshop, membuat metoda pembelajaran khusunya model pembelajaran PJBL dan Case Study, kemudian mengajak Dosen serta  Mahasiswa untuk lebih interaktif dengan pelaksanaannya dan pembelajaran terpusat pada mahasiswa.


Selain itu, sebut Hendri dampak positif dari dana hibah PKKM ini, dapat meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas dosen


Hal ini juga berdampak terhadap PMB kampus ITP Tahun 2021, yakni jumlah mahasiswa mengalami peningkatan 1.49 persen, dibanding Tahun sebelumnya.  


Menyinggung adanya peningkatan progres keterbukaan informasi publik ITP dari tahun ketahun, Hendri menjelaskan, sejak tahun 2019 dan tahun 2021 ini, "alhamdulillah kita sudah dinobatkan Informatif dari KI Sumbar.


Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik ini, diberikan kepada Badan Publik yang telah menunjukkan komitmen dalam melaksanakan keterbukaan informasi di badan publiknya berdasarkan hasil kegiatan monitoring dan evaluasi, imbuhnya. (RDz)