Kesemua Anggota Koperasi Harus Siap Menjadi Pengurus, Ini Sambutan Bupati Suhatri Bur -->

Adsense-ATAS

Kesemua Anggota Koperasi Harus Siap Menjadi Pengurus, Ini Sambutan Bupati Suhatri Bur

Kamis, 23 Desember 2021

Bupati Suharti Bur didampingi Kadis Dikbud Anwar dan Ketua Koperasi Erman Sudin berfoto bersama peserta pelatihan (foto.dok.pro)


Pariaman
- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur membuka Pelatihan Administrasi dan Pembukuan bagi anggota Koperasi Kandep P dan K Kecamatan Sungai Limau dan Batang Gasan, bertempat di Aula Hotel Al Madinah Jln. By Pass Kota Pariaman, Kamis (23/12/21).


Bupati Suhatri Bur menyampaikan apresiasi kepada pengurus koperasi. Yakni telah mengangkat kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas SDM anggota untuk mencapai kesejahteraan anggota.


"Kehadiran suatu koperasi tidak akan bisa eksis dan keberadaannya diakui, kalau tidak ada kemauan yang kuat dari anggota serta adanya semangat gotong royong untuk membesarkan koperasi. Koperasi itu milik seluruh anggota, ditangan anggota terletak semua keputusan yang akan dilahirkan oleh koperasi" tegas dia.


Kata Bupati, kalau semua itu telah dilaksanakan, insya Allah koperasi itu akan menjadi kuat. Apalagi seluruh anggota sudah dibekali ilmu pengetahuan tentang administrasi dan keuangan yang terkait dengan koperasi. 


"Berarti kesemua anggota sudah siap untuk melanjutkan pergantian kepengurusan. Sebab mereka sudah memahami arti pentingnya berkoperasi' ungkap Suhatri Bur.


Sebelumnya, Ketua Koperasi Erman Sudin melaporkan kegiatan dengan peserta pelatihan berjumlah 60 orang. Sedangkan Koperasi ini dengan anggota berjumlah 662 orang yang berasal dari ASN dan PNS Guru.


"Dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, merujuk kepada hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Kandep P dan K Kecamatan Sungai Limau dan Batang Gasan yang akan dilaksanakan setiap tahun. Namun disebabkan sejak dua tahun terakhir masa pandemi Covid-19, maka tahun lalu kegiatan tidak bisa terlaksana", ujar Erman Sudin yang Camat BatangGasan itu.


Erman Sudin menjelaskan, tujuan dari kegiatan pelatihan untuk menambah wawasan tentang administrasi dan pembukuan setiap anggota koperasi. Kemudian. Kemudian, mengetahui tentang dan kewajiban sebagai anggota koperasi, serta pengkaderan kepengurusan. 


"Asset Koperasi Kandep P dan K Kecamatan Sungai Limau dan Batang Gasan saat ini, telah mencapai Rp 4 miliar dengan Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun 2020 lalu sebesar Rp. 365 juta dan hingga bulan Juni 2021 SHU sudah berjumlah Rp. 182 juta", tutup Erman Sudin.


Bertindak sebagai narasumber dan instruktur pada Pelatihan ini, Syafrizal, SE dari Lembaga Koperasi Padang dengan materi Pembinaan Pembukuan Koperasi. 


Juga hadir dalam acara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs.H.Anwar, MSi, Ketua Koordinator Kegiatan Hendri Wilson, Kabag Prokopim Anesa Satria. (r-co).