Kota Payakumbuh Dengan ASN Berupaya Untuk Bangkit -->

Adsense-ATAS

Kota Payakumbuh Dengan ASN Berupaya Untuk Bangkit

Jumat, 03 Desember 2021
Oleh H. Yonrefli 


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Dua tahun sudah kita dilanda covid-19, kondisinya cukup membuat kita terpuruk. Kondisi ekonomi hancur karena berbagai protokoler kesehatan harus kita ikuti sesuai aturan, yang membuat kita sedikit terbatasi. Ada pembatasan berskala besar, wajib bermasker, cuci tangan, hindari kerumunan dan batasi kunjungan keluar daerah dan lain-lain. 


Sekarang secara kasus covid mulai melandai di daerah kita, keraguraguan masyarakat akan terinfeksi covid mulai berkurang. Namun ketaatan terhadap prokes tetap terjaga.  


Lalu apa yang harus kita kejar lagi saat ini, salah satunya adalah PEN, Pertumbuhan Ekonomi Nasional termasuk daerah Kota Payakumbuh. Kita butuh dana untuk membangun, masayarakat butuh uang untuk membiayai hidupnya.


Untuk percepatan proses perbaikan terhadap kondisi ekonomi, kesehatan dan lain-lain dalam scala besar, peemrlu tenaga pelaksana yang akan mengadakan edukasi, menyusun perencanaan berimbang , proporsional dan profesional dalam menetapkan  prioritas. 


Untuk inilah perlu ASN yang profesional tersebut. ASN profesional tersebut adalah mereka yang mampu bertugas di unit kerjanya dengan  baik, berkarakter dan matang.


Untuk inilah melalui BKPSD Kota Payakumbuh sedang melakukan assesment, dengan assesment diharapkan di dapat para asn yang profesional yang mampu menjadi leader dalam organisasinya. Hasil assesmen menjadi bahan pertimbangan bagi pimpinan dalam menetapkan ASN dijabatan yang kosong atau yang ada.


Secara teori dan praktek ASN Profesional ini dilihat dari 3 sudut. 

1. Memiliki Kompetensi

2. Punya komitmen

3. Memiliki kecerdasan sosial dan emosional


Memiliki kompetensi artinya ASN yanga akan jadi penggerak tersebut secara teori, konsep dia punya, secara komitmen dia punya, komitmen bisa dilihat sejauh mana mereka punya komitmen untuk berdisiplin dan metaati aturan serta mekanisme dan prosedur kerja yang ada.


Selanjutnyan ASN profesional tersebut juga punya kecerdasan sosial cultural. Mereka memiliki kecerdasan dalam bersosialisasi,  mampu menjaga kesatuan dan persatuan dalam keberagaman suku, agama, dan status sosial lainya. Mereka juga memiliki kecerdasan emosional dan religius. Bisa menahan diri dan menjalankan seluruh larangan dan suruhan agamanya. kecerdasan ini merupakan wujud ketaatan dan keyakinan mereka akan Allah SWT, tuhan yang Maha Kuasa. Mereka yakin dalam bekerja ada sang maha kuasa mengawasi perbuatanya.


"Selamat bagi rekan-rekan yang mengikuti Assestmen bersama Badan Pengembangan SDM Kota Payakumbuh bekerjasama dengan BPSDM Pekan Baru. Semangat,  keluarkan seluruh kemampuan bapak /ibu, saya yakin ada reward menunggu Bapak dan Ibu hehehe... Be succes and keep spirit,"pungkas Yon Refli.(Ul) 


SET DPRD PAYAKUMBUH

Birokrasi Melayani (03/12/2021)