Leg Pertama Semifinal Piala AFF 2020, Vietnam Tumbang 0-2 vs Thailand -->

Iklan Atas

Leg Pertama Semifinal Piala AFF 2020, Vietnam Tumbang 0-2 vs Thailand

Jumat, 24 Desember 2021
Vietnam harus mengakui keunggulan Thailand setelah kalah 0-2 pada semifinal leg pertama Piala AFF 2020 di Singapura, Kamis (23/12/2021) malam. (detiksport.com)


Singapura - Vietnam tumbang 0-2 dari Thailand dalam laga pertama semifinal Piala AFF 2020. Ini menjadi kekalahan pertama Golden Star Warriors dari tim Asia Tenggara dalam 5 tahun terakhir.


Bermain di National Stadium, Singapura, Kamis (23/12/2021) malam WIB, Vietnam takluk berkat dua gol cepat yang dicetak Chanatip Songkrasin di menit ke-14 dan 23. Thailand bisa saja mencetak gol ketiga, andaikan penalti Chanatip tak ditepis Tran Nguyen Manh.


Secara keseluruhan, Vietnam sebetulnya tampil lebih menyerang. 14 tembakan berhasil dilepaskan, 6 di antaranya mengarah ke gawang. Namun semua berhasil diblok oleh Chatchai Budprom. Bandingkan dengan Thailand yang 'cuma' punya 6 shot, namun tiga tepat sasaran.


Hasil ini membuat laju tak terkalahkan Vietnam di Asia Tenggara berhenti di 22 pertandingan. Kekalahan ini menjadi yang pertama sejak 3 Desember 2016.


Ya, sebelum Thailand, kekalahan terakhir Vietnam dari tim ASEAN didapat di semifinal leg pertama Piala AFF 2016. Menghadapi Indonesia asuhan mendiang Alfred Riedl di Stadion Pakansari, Vietnam yang kala itu ditangani oleh Nguyen Huu Thang kalah 1-2.


Dilansir detikcom, setelahnya, Vietnam terbilang dominan, terutama setelah diasuh oleh Park Hang-seo. Total 16 kemenangan dan 6 hasil imbang diraih Vietnam saat bertemu tim ASEAN di laga resmi, termasuk menjuarai Piala AFF 2018.


Malaysia menjadi tim yang paling sering ditemui, yakni 6 kali dengan rekor 5 kali menang dan sekali seri. Menyusul Indonesia dan Kamboja masing-masing 4 laga, kemudian ada Thailand (3 kali), Laos dan Filipina (2 kali) serta Myanmar (1 kali).


Kini catatan mengesankan itu sudah selesai. Thailand yang menghentikannya. Kekalahan ini juga membuat laju Vietnam untuk mempertahankan gelar Piala AFF kian berat. Mereka harus menang setidaknya dengan selisih tiga gol di leg kedua jika ingin melangkah ke final. (*)