Open Turnament Catur H.Mahyuddin Cup I Tahun 2021 Digelar -->

Iklan Atas

Open Turnament Catur H.Mahyuddin Cup I Tahun 2021 Digelar

Minggu, 19 Desember 2021

Bupati Suhatri Bur Buka Gelar Open Turnament Catur H.Mahyuddin Cup I Tahun 2021 (foto.dok.pro)


Limpato Sungai Saria
k - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur membuka secara resmi Open Turnamen Catur Haji Mahyuddin CUP I Tahun 2021 di Nagari Limpato Sungai Sariak Kecamatan VII Koto, Padang Pariaman, Sabtu (18/12/21). 


Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengucapkan terima kasih pada panitia dan sponsor open tournament catur Se-Sumatera Barat ini, Ketika kegiatan olahraga lesu disebabkan wabah covid-19, muncul seorang tokoh masyarakat mensponsori. Ia mendanai sepenuhnya sebuah open turnamen guna membangkitkan olahraga catur di Sumatera Barat.


"Untuk itu, Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi upaya dan kegiatan ini, serta mengharapkan kepada KONI agar menjadikan kegiatan ini sebagai kalender tahunan olahraga di Padang Pariaman" harap Bupati.


Menurutnya, ia tahu betul dengan Ajo Mahyuddin yang mensponsori turnamen ini, seorang tokoh yang sangat peduli dengan kegiatan sosial kemasyarakatan, agama dan budaya serta perekonomian selama ini. Pada hari ini beliau kembali menginisiasi dan berbuat untuk masyarakat dibidang olahraga catur. 


"Tentu tidak salah kiranya nanti Pemerintah Daerah memberikan penghargaan atas jasa dan kepeduliannya bagi masyarakat Padang Pariaman” ulas Bupati yang disambut tepuk tangan hadirin. 


Ia menganalogikan membina suatu cabang olahraga untuk berprestasi, memang membutuhkan kerja keras dan memerlukan pengorbanan. Keuletan para pembina atau pelatih dalam membimbing atlet. Hal itu, merupakan proses jangka panjang yang memiliki beragam tantangan dan hambatan.Sehingga perlu dikondisikan secara sadar, terarah dan terukur.


“Untuk itu, diperlukan terobosan-terobosan terhadap berbagai alternatif pembinaan yang dilakukan H. Mahyuddin. Jadi patut kita hargai dan diikuti cabang olahraga lainnya. Sehingga pembangunan di bidang olahraga dapat dirasakan masyarakat dan dirancang sejak dini secara benar dengan program  berkesinambungan dalam mewujudkan Padang Pariaman Berjaya,” sebutnya.


Sebelumnya, Ketua Penyelenggara H.Mahyuddin yang juga sponsor utama menyambut baik keinginan Bupati Suhatri Bur agar kegiatan ini menjadi kalender KONI Padang Pariaman. 


"Open Tournament Catur H. Mahyuddin Cup I ini merupakan event catur tingkat Sumatera Barat. Juga Turnament ini akan dijadwalkan diselenggarakan setiap tahun untuk memperebutkan piala bergilir Haji Mahyuddin Cup" ungkap dia. 


Kegiatan ini, ujar dia bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan membangkitkan semangat olahraga catur dimasa pademi covid-19, juga untuk menjalin silaturrahmi para insan olahraga se-Sumatera Barat. 


"Makanya open tournament ini akan kita jadikan agenda resmi Percasi Padang Pariaman" jelas owner RM. Putra Minang Group.


H. Mahyuddin menegaskan dalam open tournament ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kesemua peserta wajib memakai masker, mengunakan handsanitaizer sebelum main. Pengaturan meja dan jarak antar pemain, serta peralatan pertandingan yang sudah dibersihkan dengan disinfectan. 


"Open Tournament Catur ini berlansung dari tanggal 18-19 Desember 2021 yang diikuti 82 peserta dengan 3 kelas pertandingan yaitu tingkat Senior Putra, Senior Putri serta Pelajar SLTA dan Pelajar SLTP. Peserta yang terdaftar berasal dari 13 Kabupaten/kota se-Sumatera Barat. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp. 16.500.000", terang Ketua IKK VII Koto Jaya ini.



Terlihat hadir Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Jon Kenedy, S.Sos. MM. Kadis Kominfo Zahirman, S Sos. MM. Ketua Pakar H. Mahyuddin, Ketua Pengprov Percasi Sumbar, Ketua KONI Padang Pariaman Ahmad Syukri, Ketua Percasi Padang Pariaman Syofyan serta tokoh-tokoh masyarakat VII Koto Sungai Sariak. (r-saco).