PAKAR Baralek Gadang, Sinergitas Kampung dan Rantau Wujudkan Padang Pariaman Berjaya -->

Iklan Atas

PAKAR Baralek Gadang, Sinergitas Kampung dan Rantau Wujudkan Padang Pariaman Berjaya

Rabu, 08 Desember 2021




PAKAR Baralek Gadang (foto.dok.pro)


Jakarta
- Persatuan Anggota Kampung Aliansi Rantau (PAKAR) memiliki beberapa program strategis untuk ikut mewujudkan Padang Pariaman Berjaya.Yakni peningkatan hasil swasembada pangan, pengembangan pariwisata, pemasaran industri kerajinan dan makanan siap saji. Kesemua itu merupakan produk Usaha Menengah dan Kecil Mikro (UMKM) yang ada di seluruh Nagari se Kabupaten Padang Pariaman. 


Salah satu upaya untuk promosi dengan mengadakan "PAKAR Baralek Gadang" selama 2 (dua) hari, Selasa - Rabu, 7-8 Desember 2021) di Jakarta.


Agenda UMKM expo dan pagelaran seni dan budaya Padang Pariaman itu, diresmikan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Juga dilaksanakan Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Komunikasi Kaderisasi Generasi Demokrasi (FKKGD), Selasa (07/12/21)


Bupati Suhatri Bur mengucapkan selamat kepada pengurus FKKGD yang baru dilantik dan akan melakukan Rapat Kerja Nasional. Semoga apa yang telah dirumuskan nantinya, akan menjadi program strategis dan dapat diimplementasikan di tengah masyarakat.


Juga ucapan terima kasih kepada Pengurus PAKAR Padang Pariaman, yang telah memfasilitasi dan mendukung program peningkatan perekonomian di Nagari. Hal itu, untuk mengedepankan fungsi dan peran pelaku UMKM di Daerah sebagaisinergitas antara kampung dan rantau untuk mewujudkan Padang Pariaman Berjaya.


"Melalui kegiatan PAKAR Baralek Gadang pada hari ini, akan dapat membentuk pelaku UMKM yang handal, dan membantu peningkatan kemampuan wira usaha masyarakat di Nagari. Begitu juga dalam memasarkan dan mempromosikan produk industri kerajinan anak nagari nantinya" harap dia.


Ia meminta kepada pengurus PAKAR dan semua dunsanak di perantauan agar ikut membantu mensukseskan program vaksinasi di Kabupaten Padang Pariaman. Kita masih di posisi paling bawah dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat. 


"Untuk itu, kami sangat mengharapkan bantuan dari dunsanak di perantauan, untuk mengajak keluarga di kampung agar ikut vaksin bagi yang belum. Tolong disampaikan bahwa vaksin itu tidak berbahaya, sehat dan halal, karena sudah dijamin oleh BPOM dan MUI. Semoga dengan kerjasama antara kampung dan rantau, menjelang akhir tahun ini target vaksinasi bisa mencapai 80 %" minta Bupati Suharti Bur.


Sebelumnya, Ketua Umum PAKAR Mahyuddin melaporkan tujuan dari kegiatan PAKAR Baralek Gadang ini, adalah memperkenalkan hasil industri kerajinan dan produk makanan dari Kabupaten Padang Pariaman ke berbagai pelosok di pulau Jawa.


"Sehingg dengan adanya kerja sama atau aliansi rantau dan kampung ini akan terbuka jalur pemasaran dan distribusi hasil pertanian dan industri kecil karya anak Nagari di rantau" ucapnya. 


"Semoga dengan berkumpulnya para pejabat, pengusaha dan pedagang dalam acara PAKAR Baralek Gadang ini, bisa terjalin komunikasi bisnis dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kampung dan di perantauan" harap Mahyuddin yang akrab disapa Haji Kenek itu.


Ia menambahkan, acara puncak Rabu malam (8/12) di tempat yang sama akan digelar makan bajamba dan lelang kue singgang ayam. Juga malam amal, Insyaallah akan dihadiri Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi. Pada sesi acara Bahoyak dan Bagadincak akan dimeriahkan artis-artis Amris Arifin, Yona Irma Alkawi dan Sanggar Sikabu Saiyo.


Dalam kegiatan itu, juga dihadiri Deputi Kementerian Pariwisata Didien Junaidi yang juga Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Staf Khusus Wakil Presiden Guntur Subroto, Penasehat FKKGD Andi Mallarangeng, Wabup Ciamis Herdiat Sunarya, Wabup Sumedang Erwan Setiawan, Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi B Sukamdani yang juga Chairman Grand Sahid Jaya, 


Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Nunung Rusmiati, Pengurus PAKAR, Ketua ASITA Sumbar Darmawi, Pengurus IKM dan PKDP, Ketua Umum FKKGD Fready Jaya 


Wabup Drs. Rahmang, MM. Ketua Dekranasda Yusrita Suhatri Bur, Ketua GOW Yusneli Rahmang, Wakil Ketua DPRD Padang Pariaman, Kepala OPD,beserta Camat dan Wali Nagari. (r-sa).