Parade Baju Adat Ikut Semarakkan HUT Kota Payakumbuh Ke-51 -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Parade Baju Adat Ikut Semarakkan HUT Kota Payakumbuh Ke-51

Jumat, 17 Desember 2021
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh Ke-51 terus berlanjut. Kini giliran SD Negeri 28 Payakumbuh yang memeriahkan HUT Kota Payakumbuh dengan berbagai kegiatan. Salah satunya dengan mengadakan parade pakaian adat yang dilaksanakan di halaman SD Negeri 28 Payakumbuh Kelurahan Parit Rantang, Jumat (17/12) 


Kegiatan ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan oleh SD Negeri 28 Payakumbuh dan diikuti oleh 287 orang peserta dengan tujuan agar anak-anak didik menanamkan rasa cinta kepada pakaian adat minang khususnya Kota Payakumbuh


Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh Junaidi, Lurah Parit Rantang Hamdan, serta wali murid. 


Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh Junaidi yang juga merupakan Ketua Komite SD Negeri 28 Payakumbuh mengucapkan apresiasi yang sangat luar biasa kepada majelis guru beserta murid karena dengan adanya kegiatan parade pakaian adat dapat menumbuhkan rasa cinta anak-anak murid sejak dini kepada budaya Minangkabau khususnya pakaian adat minang di Kota Payakumbuh. 


"Kegiatan ini sangat luar biasa dan patut diapresiasi. Suasana berbeda pada peringatan HUT Kota Payakumbuh kali ini dimeriahkan oleh anak didik kita di SD Negeri 28 yang berjumlah 287 orang dimana para guru dan perwakilan orang tua murid juga mengenakan baju adat khas Minangkabau.Dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa cinta anak-anak murid sejak dini kepada budaya Minangkabau khususnya pakaian adat minang di Kota Payakumbuh," Ujar Junaidi.


Senada, Kepala Sekolah SD Negeri 28 Payakumbuh Wisma Diandra mengatakan kegiatan parade pakaian adat ini merupakan prakarsa dari guru, orang tua dan murid dalam rangka memeriahkan HUT Kota Payakumbuh ke-51. 


"Ini merupakan prakarsa dari guru , orangtua dan anak-anak. Kegiatan parade pakaian adat ini diikuti oleh 287 orang anak dimana nantinya akan melaksanakan parade berkeliling kelurahan parit rantang dan diakhiri dengan kegiatan melukis sesuai dengan tema Hut Kota Payakumbuh yaitu "Tumbuh, Bangkit dan menang, Payakumbuh menanam, Payakumbuh melestarikan alam," Ujar Wisma


Ditambahkannya, Tujuan dari kegiatan ini selain untuk memeriahkan HUT Kota Payakumbuh, ini dilaksanakan untuk menanamkan rasa cinta anak-anak kepada pakaian adat minang dan makanan khas payakumbuh yang mana tujuan akhirnya adalah mencintai tanah air indonesia. 


"Dengan adanya kegiatan ini Anak-anak mengetahui beragam pakaian adat khas minangkabau serta makanan khas yang ada di kota Payakumbuh. Sehingga nantinya mereka mengetahui bagaimana cara pembuatan sampai ke proses pemasarannya karena di kota Payakumbuh khususnya di Kelurahan Parit Rantang banyak memproduksi Makanan khas Kota Payakumbuh. 

Kami juga melantik anak-anak murid menjadi duta makanan khas kota payakumbuh diantaranya duta gelamai, duta batiah, duta bareh randang,  Duta Kipang dan Duta paniaram," Terangnya


Diakhir acara, Wisma mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh beserta Lurah Parit Rantang yang telah mendukung terlaksananya kegiatan parade pakaian adat di SD Negeri 28 Payakumbuh


"Terima kasih tak terhingga kepada pak kadis dan pak lurah parit rantang atas dukungan dan partisipasinya dalam penyelenggaran parade pakaian adat ini, Semoga dengan kegiatan ini, anak-anak akan sangat mencintai Adat, Budaya serta Makanan Khas Kota Payakumbuh," Pungkasnya.(Ul)