Pengurus PJID Kabupaten Pasaman Dikukuhkan, Ini Harapan Bupati. -->

Iklan Atas

Pengurus PJID Kabupaten Pasaman Dikukuhkan, Ini Harapan Bupati.

Jumat, 03 Desember 2021

Pasaman, fajarsumbar.com - Sebagai daerah yang berbatas langsung dengan Provinsi Sumatera Utara, masyarakat Kabupaten Pasaman memiliki komposisi penduduk yang heterogen. Mayoritas bersuku Minang dan Mandailing, serta ada Batak, Jawa dan suku bangsa lainnya.


Dengan kondisi demikian, rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat harus terpelihara dengan baik, dan fungsi Pers menjadi sangat penting dalam hal ini.


Hal itu disampaikan Bupati Pasaman dalam amanatnya yang dibacakan Budhi Hermawan, Sekretars Dinas Kominfo Pasaman, Kamis (2/12/2021), dalam acara pengukuhan dan pelantikan pengurus daerah PJID Nusantara Kabupaten Pasaman, di Aula Perusda Equator, Lubuk Sikaping.


“Alhamdulillah, masyarakat kita di kabupaten Pasaman hidup rukun, saling menghargai dan saling menghormati, dalam susana pergaulan yang damai,” kata bupati.


Kepada wartawan selaku mitra kerja pemerintah, diharapkan senantiasa menyajikan berita-berita yang konstruktif, mengedukasi dengan informasi yang merekat rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat.


Selanjutnya dikatakan, perkembangan industri pers di era keterbukaan Informasi sekarang, secara langsung telah berdampak pada maraknya pertumbuhan perusahaan media di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan Ikut berdampak pula pada pertumbuhan organisasi kewartawanan.


Namun diingatkan Bupati, apapun organisasinya, wartawan di Pasaman harus tetap kompak, dan tidak gampang terpecah belah oleh berbagai kepentingan.


“Alangkah baiknya, sesama pengurus organisasi kewartawanan bisa saling berbagi informasi, saling bersinergi, terutama untuk kemajuan organisasi, peningkatan Sumber Daya Manusia, dan kesejahteraan wartawan itu sendiri,” ujar bupati, yang disampaikan Budhi.


Kepada ketua dan pengurus DPD PJID Kabupaten Pasaman yang baru dilantik, diminta saling bersinergi dengan Pemerintah Daerah, terutama dalam menyampaikan informasi kegiatan pemerintah kepada publik, dan sebaliknya, Pers tetap menyuarakan kepentingan masyarakat melalui pemberitaan yang bersifat konstruktif dan berimbang.


Terakhir Bupati mengajak pengurus DPD PJID dan organisasi kewartawanan lainnya, untuk bersama-sama membawa misi dan tujuan yang mulia, demi terwujudnya kehidupan pers yang merdeka, profesional, bermartabat dan beradab.


Sementara itu, Ketua Umum DPP PJID-N, Faisal Ramli, dalam kata-kata pelantikan menekankan pentingnya peningkatan SDM wartawan. 


“Wartawan yang tergabung dalam PJID di seluruh Indonesia, harus kompeten, dengan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Dewan Pers.


Hadir dalam acara pelantikan, Bupati Pasaman diwakili Budhi Hermawan, Dandim, Kapolres dan Ketua Pengadilan Agama Pasaman, serta Kepala OPD, dan ketua organisasi wartawan yang ada di Kabupaten Pasaman.
(Naldi)