Presiden Jokowi Tinjau Korban Erupsi Semeru -->

Adsense-ATAS

Presiden Jokowi Tinjau Korban Erupsi Semeru

Selasa, 07 Desember 2021
Presiden Joko Widodo turun dari helikopter yang disambut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Lumajang, fajarsumbar.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan terbatas tinjau korban Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Selasa (7/12/2021).


Presiden mendarat dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU setelah menempuh penerbangan selama 30 menit dari Bandara Internasiona Juanda, Kabupaten Sidoarjo.


Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba di Helipad Stadion Srikandi, Kelurahan Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, sekira pukul 09.30 WIB.


Presiden disambut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta.


Sebagaimana diketahui, erupsi Gunung terjadi sejak Sabtu (4/12/2021) dan telah banyak jatuh korban jiwa dan ratusan warga terpaksa diungsikan.


Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi BNPB, Selasa (6/12) kemarin sudah 15 warga meninggal dunia.


Sementara personel gabungan yang diterjukan ke lokasi mencapai hampir seribu orang. Para personel melakukan berbagai upaya penanganan darurat yang saat ini memfokuskan pada pencarian dan evakuasi serta pelayanan dasar warga terdampak. 


Selain personel, sejumlah peralatan diterjunkan untuk membantu proses pencarian warga yang diduga masih hilang, antara lain BNPB menyiagakan 3 unit helikopter dan Palang Merah Indonesia (PMI) mendorong 2 unit hagglund yang dapat menembus medan berat di lokasi terdampak material vulkanik.(ab)