Pulihkan Ekonomi UMKM Tanah Datar, Bupati Launching Penyerahan Bantuan Modal Usaha -->

Adsense-ATAS

Pulihkan Ekonomi UMKM Tanah Datar, Bupati Launching Penyerahan Bantuan Modal Usaha

Kamis, 23 Desember 2021

 

Bupati Eka Putra foto bersama dengan pelaku UMKM, di Gazebo Indo Jolito Batusangkar, Kamis (23/12) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, menyerahkan bantuan modal usaha secara simbolis kepada 3.700 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) , yang terdampak pandemi Covid-19, di Gazebo Indo Jolito Batusangkar, Kamis (23/12/21). 


Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, Wakil Ketua Dekranasda Tanah Datar Patty Richi Aprian, Kepala Bank Nagari Cabang Batusangkar Fauzan, Kadis Sosial PPPA Yuhardi, Kadis PMPTSP Naker Zarratul Khairi, Sekretaris Kominfo Yusrizal, Sekretaris PMDPPKB Herison, Sekretaris Pertanian Sri Wahyuni, Kabid Perekonomian dan SDA Baperlitbang Muharwan, dan undangan lainnya. 


Bupati dalam sambutannya sampaikan, dampak pandemi Covid-19 yang melanda sejak tahun 2020 yang lalu sangat dirasakan berbagai sektor kehidupan masyarakat, termasuk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tanah Datar, bantuan ini perlu dilakukan dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah, khususnya Tanah Datar. 


"Langkah ini kita lakukan sebagai langkah membantu UMKM yang terdampak pandemi Covid-19, dengan memberikan bantuan modal usaha, kita berharap UMKM bisa bertahan dan berkembang kembali," ujar Bupati. 


Bupati Eka menambahkan, bantuan yang diberikan kepada 3.700 orang pelaku usaha se-Tanah Datar, dengan total bantuan senilai Rp. 4.862.500.000,-. "Besaran bantuan diberikan beragam, maksimal Rp.2 Juta per pelaku usaha mikro. Dari total bantuan Rp.80 Juta diberikan berupa bantuan peralatan penunjang usaha," tambahnya. 


Eka Putra menekankan dalam pemberian bantuan modal usaha tidak ada pemotongan, karena itu Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Bank Nagari Cabang Batusangkar untuk menyalurkannya. 


"Kalau ada pengurangan, silahkan lapor kepada Saya, karena bantuan ini diharapkan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian. Karena itu, diharapkan Bapak Ibu penerima bantuan menggunakan bantuan hanya untuk pengembangan usahanya," tukasnya. 


"Yang jelas ini bagian wujud perhatian Pemerintah Daerah untuk UMKM, agar meningkatkan penghasilan. Sehingga, bantuan ini agar benar dimanfaatkan sesuai peruntukannya," pungkas Bupati. 


Sebelumnya Kepala Dinas Koperindag Darfizal mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendukung Program Unggulan (Progul) Tanah Datar 2021. "Tujuan bantuan ini adalah turut menyukseskan salah satu Progul poin pertama berbunyi Menciptakan Usahawan Baru dan Lapangan Kerja per tahun," katanya. (fdy)