Ratusan Pemburu Lintas Provinsi Kerahkan Anjing Kepung Babi Hutan di Solok Selatan -->

Adsense-ATAS

Ratusan Pemburu Lintas Provinsi Kerahkan Anjing Kepung Babi Hutan di Solok Selatan

Senin, 20 Desember 2021

 

Ratusan Pemburu Lintas Provinsi Kerahkan Anjing Kepung Babi Hutan di Solok Selatan

SOLOK SELATAN Ratusan pemburu lintas provinsi mengerahkan anjing untuk mengepung babi hutan di Solok Selatan, Sumatra Barat (Sumbar). Aksi ini rupanya ini ajang berburu Alek Buru Babi yang digagas Persatuan Buru Babi (Porbi) Solsel.


Kegiatan ini diikuti  pemburu babi dari 4 provinsi di Sumatera yakni Bengkulu, Riau, Jambi serta pemburu babi se-Sumbar. Bahkan ada yang datang dari Jakarta dan Bandung.


Alek Buru Babi yang digagas Porbi Solsel ini dibuka secara resmi oleh Bupati Khairunas di Simpang Tugu Lundang Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu pada Minggu (19/12/2021), sebagaimana dikutip iNews.


Antusiasme peserta cukup tinggi untuk berburu babi hutan di Solsel. Ratusan anjing buruan mulai dilepas di pinggir sawah hingga memasuki areal perbukitan di Sungai Cangkau.


"Berburu babi ini adalah hobi, hendaknya acara ini dapat bermanfaat dan mempererat silaturahmi antara sesama anggota Porbi," ucap Bupati Khairunas sebelum membuka Alek Baru Babi.


Selain itu, Pemkab Solsel juga menggelar gebyar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) dalam rangka percepatan capaian vaksinasi Covid-19.


Vaksinasi massal dilaksanakan di Pasar Baru Muara Labuh sehari sebelum Alek Buru Babi digelar yang dimulai pukul 14.00 WIB pada Sabtu pagi sampai malam. Dilanjutkan acara hiburan untuk peserta vaksinasi dan sambil menunggu peserta Alek Buru Babi.


"Saat kegiatan berburu Babi. Kami juga menyediakan layanan vaksinasi bagi peserta berburu maupun masyarakat yang ingin divaksin," kata Sekdakab Solsel, Syamsurizaldi.


Selain diresmikan Bupati Solsel, Alek ini juga dihadiri Kapolres Solsel, Sekdakab, Camat, Wali Nagari dan OPD terkait.(*)