SDN 11 Payakumbuh, Sekolah Terbaik Adiwiyata Mandiri Tahun 2021 -->

Iklan Atas

SDN 11 Payakumbuh, Sekolah Terbaik Adiwiyata Mandiri Tahun 2021

Senin, 13 Desember 2021
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com -- Penghujung tahun 2021, jajaran Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh torehkan juara yang mengharumkan daerah di tingkat provinsi.


Pasalnya, SDN 11 Payakumbuh dinobatkan sebagai Sekolah Terbaik Adiwiyata Mandiri Sumatera Barat tahun 2021.


Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kerjasama berbagai pihak terkait, baik itu dari masyarakat sekitar seperti LPM, niniak mamak, bundo kanduang LPM, termasuk juga instansi perangkat daerah dari tingkat kelurahan kecamatan maupun dari Dinas Pendidikan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh.


Upaya SDN 11 Padang Kaduduak yang gigih dalam kegiatan Adiwiyata ini sehingga menorehkan prestasi Sekolah Terbaik Adiwityata Mandiri Tingkat propinsi Sumatera Barat Tahun 2021, ternyata menggugah daerah lain untuk berkunjung ke SDN 11 Padang Kaduduak.


Sebagaimana tampak pada Senin tanggal 13 Desember 2021, dua daerah berkunjung yakni Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung dan 28 (dua puluh delapan) orang terdiri dari Pengawas dan Kepala Sekolah dua kecamatan yakni kecamatan Pancung Soal dan Airpura di Kabupaten Pesisir Selatan.


Kedatangan rombongan tamu dari 2 daerah ini bermaksud melakukan studi tiru tentang Adwiyata SDN 11 Padang Kaduduk. Di SDN 11 Padang Kaduduk rombongan tamu melihat sejumlah kegiatan dan hasil dari kegiatan Adiwiyata seperti adanya produk lenja (lemon jahe), plaza botani, rumah bibit, kolam ikan, toga, hutan mini, greenhouse dan komposter. 


Kesan dari tamu yang datang sangat baik dan memang pantas bahwa SDN 11 meraih yang terbaik di Sumatera Barat.


Sebagaimana yang disampaikan Asril, Korwil dari Kabupaten Pesisir Selatan sekaligus pimpinan rombongan, dalam kesempatan ramah tamah menyampaikan bahwa banyak yang perlu ditiru dari SDN 11 Padang Kaduduak tentang program Adiwiyata.


"Kunjungan ini membuka wawasan kami bagaimana merencanakan dan melaksanakan program Adiwiyata ini agar berhasil. Karena dengan Adiwiyata akan tercipta lingkungan yang ramah lingkungan dan  mendukung keberhasilan proses belajar mengajar," jekasnya.


Disisi lain, Kabid dari Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung mengapresiasi usaha semua warga sekolah terutama kolaborasi yang harmonis antara Kepala Sekolah dan guru dengan lingkungan masyarakat sekitar serta perangkat daerah terkait sehingga mencapai hasil yang terbaik di propinsi Sumatera Barat.


Kepala SDN 11 Payakumbuh, Syufriati kesempatan yang sama, dihadapan tamu menyebutkan bahwa semua keberhasilan ini berkat dukungan dari berbagai pihak. Dimulai dari pemerintah ditingkat kelurahan hingga ditingkat Kota. Baik itu dari Dinas Pendidikan maupun Dinas Lingkungan Hidup.


"Kuncinya adalah kegigihan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dan jangan pikirkan masa lalu tapi berpikir dan berbuatlah untuk masa depan,"tegas Buk Opet.


Moto ini menjadi motivasi sosok Syufriati sehingga berbagai keberhasilan dicapai seperti sekolah terbaik adiwiyata terbaik, adiwiyata nasional tahun 2017, Kepala Sekolah Karya Inovatif tingkat nasional 2020,dan sejumlah prestasi lainnya. Kedepannya sejumlah daerah sudah menyampaikan kunjungan ke SDN 11 Padang Kaduduak, seperti dari Palembang dan Kabupaten Bengkalis.


Sementara Kadiknas Dasril dalam arahannya menyebutkan bahwa kunci keberhasilan sekolah tidak terlepas dari peran kepemimpinan Kepala Sekolah. Apabila Kepala Sekolah  menjalankan tugas dan fungsinya dengan sungguh-sungguh maka bagaimanamun tantangan yang dihadapi dapat diatasi dengan baik. 


Tidak lupa Kepala Dinas yang bergelar Doktor tersebut menyampaikan salah satu tips mencapai sukses adalah dengan literasi yang baik. Literasi melipiti aspek mendengarkan, berbicara,membaca dan menulis. Diharapkan apa saja yang dilihat dan diamati di SDN 11 Padang Kaduduk kiranya menjadi salah satu bahan literasi bagi Kepala Sekolah yang berkunjung selain tentu saja tentang substansi Adiwiyata itu sendiri.


Acara kunjungan diakhiri dengan tukar menuka cendera mata.(Ul)