Sejumlah Dinas dan ASN Mendapat Penghargaan Inovasi di Malam Resepsi HUT Kota Payakumbuh -->

Adsense-ATAS

Sejumlah Dinas dan ASN Mendapat Penghargaan Inovasi di Malam Resepsi HUT Kota Payakumbuh

Jumat, 17 Desember 2021
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh ke-51 Tahun 2021, dilaksanakan kegiatan Anugerah Inovasi Penyelenggara Pemerintah Daerah dengan 3 Kategori antara lain Perangkat Daerah Terinovasi, Kecamatan Terinovasi, dan Puskesmas Terinovasi, pada malam resepsi di GOR M. Yamin, Jumat (17/12).


Berbeda ditahun sebelumnya pemberian Anugerah Inovasi tersebut juga menetapkan nominator untuk ASN terinovasi dan inisiator inovasi yang merupakan supporting terhadap penyelenggaraan inovasi di Pemerintah Kota Payakumbuh.


Adapun penilaian Anugerah tersebut ditetapkan oleh Surat Keputusan Wali Kota Payakumbuh Nomor 065.10/607/Wk-Pyk/2021 dengan sistem penilaian yang merujuk kepada Sistem Indeks Inovasi Nasional Kementerian Dalam Negeri. 


Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Yasrizal menyampaikan untuk OPD, Kecamatan, dan Puskesmas jumlah poin inovasi tertinggi sebagai dasar penilaian utama dan ditambah penetapan bobot nilai ketaatan dan kelengkapan dokumen yang selanjutnya menjadi nilai indek inovasi penyelenggara daerah Kota Payakumbuh. 


"Selanjutnya untuk Kategori ASN terinovasi ditetapkan berdasarkan personality dari jumlah usulan inovasi dan total inovasi yang dibuat oleh ASN Kota Payakumbuh. Sedangkan untuk Inisiator dinilai dari intensitas yang diberikan terhadap pengembangan inovasi  yang diusulkan inovator," pungkas Kepala Bappeda Yasrizal.


Disisi lain, Wali Kota Riza Falepi yang menyerahkan penghargaan juga menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya memotivasi semangat berinovasi bagi OPD bahkan ASN terhadap penyelenggaraan proses bisnis organisasinya masing-masing, sehingga mampu mendukung program-program Pemerintah Kota Payakumbuh dalam melayani masyarakat.


Adapun nominator terpilih dalam hal ini sebagai berikut:


Untuk kategori Perangkat Daerah Terinovasi pada sub kategori OPD pemuncaknya Dinas Pertanian dengan 11 inovasi, nilai IGA 1389, nilai ketaatan 700 dan nilai kelengkapan 700, total nilai 2789, kemudian disusul oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan 11 inovasi, nilai IGA 1508, nilai ketaatan 500, dan nilai kelengkapan 700, total nilai 2708.


Sementara itu pada Sub kategori Kecamatan diraih oleh Kecamatan Payakumbuh Utara dengan 7 inovasi, nilai IGA 848, nilai ketaatan 600, nilai kelengkapan 700, total nilai 2148.


Pada Sub kategori Puskesmas ada Puskesmas Padang Karambia dengan 1 inovasi, nilai IGA 140, nilai ketaatan 700, nilai kelengkapan 700, total nilai 1540.


Untuk kategori ASN Terinovator, pemuncaknya Efrianti Harefa dari Dinas Pendidikan dengan 8 inovasi, kemudian disusul Robby Hafanos dari Bappeda di posisi kedua dengan 7 inovasi, dan eks Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni di posisi ketiga dengan 7 inovasi.


Untuk kategori ASN Inisiator Inovasi, pemuncaknya Faisal dari Bappeda, kemudian disusul oleh Dipa Surya Persada dari Disdukcapil, Yuniri Yunirman dari eks Dinas Pertanian, Aldi Kristian dari Kecamatan Payakumbuh Utara, dan Fifella Aziza dari Dinas PUPR. (Ul)