SMPN 2 Payakumbuh Laksanakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

SMPN 2 Payakumbuh Laksanakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru

Kamis, 16 Desember 2021
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - SMP Negeri 2 Payakumbuh mengadakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru dengan tema Tingkatkan Kemampuan Digital Cerdas berliterasi Wujudkan Profil Pelajar Pancasila”.


Workshop dilaksanakan Selasa (14/12/2021) mulai pada pukul 08.00 WIB bertempat di SMP Negeri 2 Payakumbuh. Adapun sebagai narasumber pada workshop ini adalah Dr. Gantino Habibi,M.Pd, seorang kepala sekolah, penggiat pendidikan, dan pengarang buku Kemendikbud dengan segudang prestasi di tingkat nasional. Sedang peserta workshop terdiri dari Kepala Sekolah, pendidik, dan tenaga pendidik SMP Negeri 2 Payakumbuh.  


Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dr. Dasril,S.Pd,M.Pd. dalam sambutannya, memaparkan bahwasanya Payakumbuh “tidak tidur” selama masa pandemi ini. Beliau menepis isu bahwasanya pandemi bisa menghambat pendidikan.


Hal ini terbukti dengan berbagai prestasi yang diperoleh oleh peserta didik Kota Payakumbuh dalam dua bulan terakhir bahkan sampai ketingkat Nasional. SMP Negeri 2 menjadi salah satu sekolah yang menyumbangkan prestasi hingga ke tingkat nasional.


Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan juga menyatakan bahwa, salah satu faktor penyebab kesuksesan tersebut adalah aktif menggunakan social media untuk membentuk karakter Pancasila. Sebagai pendidik guru harus cerdas bersosial media, jangan hanya menjadikan social media sebagai tempat “curhat” masalah pribadi. Tetapi, bangunlah karakter baik melalui social media.


Hal ini dikarenakan foto dan narasi dapat mengarahkan opini. Tidak menutup kemungkinan kecerdasan digital bisa memberikan keuntungan material serta prestasi dan prestise.


Pada kesempatan ini, Kepala SMP Negeri 2 Payakumbuh, Desfiwati,S.Pd,M.Si juga menyampaikan bahwa potensi media social yang dimiliki guru sebagai agen perubah dalam membangun karakter peserta didik dan masyarakat.


Merujuk kepada hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pendidikan dan Kepala SMP Negeri 2 Payakumbuh mendorong pendidik dan tenaga pendidik SMP Negeri 2 Payakumbuh untuk aktif bersosial media untuk membentuk karakter pelajar Pancasila. 


Dr.Gantino Habibi,M.Pd menyampaikan peran guru dalam bangun karakter peserta didik dan mensosialisasikan aktifitas yang dilakukan ke masyarakat dan pemerintah dalam hal ini ke Kementrian Pendidikan Nasional. Kementerian Pendidikan Nasional telah menyiapkan sebuah portal cerdas berkarater sehingga setiap aktifitas yang dilakukan peserta didik. Ini bisa dilihat dan di nilai oleh kementrian pendidikan Nasional. Dr Habibie memandu guru dalam mengisi portal tersebut. Hal ini bisa menjadikan promosi sekolah sehingga dikenal di Kementrian dengan semua aktifitas karakter yang dilakukan dan prestasi yang diperoleh.(Ul)