Kelurahan NDB, HBT Payakumbuh Gelar Donor Darah -->

Iklan Atas

Kelurahan NDB, HBT Payakumbuh Gelar Donor Darah

Kamis, 13 Januari 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com — HBT (Himpunan Bersatu Teguh) Payakumbuh gelar kegitan donor darah yang berlangsung di gedung serbaguna HBT Payakumbuh, kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis (13/1).


Kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB) itu turut diikuti oleh Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz. Dalam kesempatan itu, Erwin mengajak masyarakat agar tidak ragu donor darah, Wawako yang juga menjabat sebagai penasehat di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Payakumbuh ini juga berharap agar setiap perusahaan proaktif dalam melakukan misi kemanusiaan tersebut.


Erwin mengatakan, bank darah PMI Payakumbuh tak pernah sepi permintaan. Bahkan, saat Payakumbuh zona merah beberapa waktu lalu, mencapai permintaan 10 kantong darah lebih setiap harinya.


"Karena kita tidak pernah bisa memprediksi kapan pasien memerlukan darah. Dan juga donor darah memiliki manfaat bagi pendonor. Jadi jangan ragu untuk donor darah, karena setetes darah sangat berguna untuk keselamatan manusia," ungkapnya usai melakukan donor darah bersama kepala BNN Kota Payakumbuh M. Febrian Jufril.


Disampaikan juga oleh orang nomor dua di kota Payakumbuh itu bahwa kendala yang terjadi terkait ketersediaan stok darah ini karna banyak nya warga yang melakukan vaksinasi covid-19, sehingga warga yang telah divaksin ini tidak bisa melakukan donor darah langsung hingga waktu sebulan kedepan setelah mereka vaksinasi covid-19,” ungkap Erwin.


Ketua HBT Payakumbuh Thomas Wiryo Pranoto dalam kesempatan itu juga mengatakan jika kegiatan donor darah sudah dilaksanakan oleh HBT Payakumbuh sudah lebih daei sepuluh tahun belakang yang bekerjasama dengan UTS RSUD Adnaan WD.


“Dan donor darah kali ini, kita menargetkan untuk 70 kantong darah dapat kita salurkan ke UTD RSUD Adnaan WD nantinya,” tutupnya.


Sementara itu, salah seorang petugas PMI Kota Payakumbuh menyampaikan jika kegiatan donor darah ini baru pertama kali dilaksanakan diawal tahun 2022, dan untuk memenuhi kebutuhan stok darah di UTD RSUD Adnaan WD nantinya, kita dari PMI Payakumbuh akan gencar kedepannya untuk melakukan kegiatan donor darah yang akan bekerjasama dengan instansi atau bersama iven dan kegiatan-kegiatan lainnya agar stok darah di UTD tidak kekurangan lagi seperti sebelumnya,” tukas Fitri.(Ul)