Ketum DPW PPSKS Sumut Akris Koto ; Agendakan Rakerwil dan Peresmian 3 DPD PPSKS -->

Adsense-ATAS

Ketum DPW PPSKS Sumut Akris Koto ; Agendakan Rakerwil dan Peresmian 3 DPD PPSKS

Rabu, 12 Januari 2022

Ketua DPW PPSKS Sumatera Utara Akris Koto didampingi Sekum Drs.Fuzial Nazir Koto, Waksekum Ahmad Yani Koto, Dewan Penasehat DR.Darwis, SH, MH bersama Ketua DPD PPSKS Kota Dumai H.Hasrizal, Watua Idrus, ST dan pengurus lainnya. (foto.dok.saco)

Dumai - Kita dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Payuang Panji Suku Koto Sadunia (PPSKS) Provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan konsolidasi pengurus, sekaligus rapat kerja wilayah (Rakerwil) dalam waktu dekat ini, untuk menyusun program kerja. Draf rancangan program kerja untuk lima tahun kedepan itu, sedang dalam proses dari suatu Tim Pengurus. 


Hal itu disampaikan Ketua Umum DPW PPSKS Provinsi Sumatera Utara Akris Koto kepada fajarsumbar.com, disela-sela acara peresmian pengukuhan DPD PPSKS Kota Dumai, Minggu kemaren (09/01/22).


Ia pun menyatakan merasa bangga dan mengapresiasi atas kesuksesan para dunsanak suku koto yang saling bahu membahu bajibaku "saciok bak anak ayam, sadanciang bak basi" di tanah rantau Kota Dumai bersama dari Daerah lainnya mengangkat acara kita badunsanak suku koto ini. 


Akris Koto bersama rombongan yang sengaja datang dari Medan menuturkan, begitu luar biasa meriah dan ramai, serta sangat antusias ke lokasi acara. Para dunsanak suku koto berdatangan dari sejumlah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau, juga dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sumbar.


"Apalagi, dimeriahi dengan gandang tasa semakin membahana, juga disambut dengan tari galombang yang sakral. Pun ditandai pula penyembelihan seekor lembu sebagai wujud rasa syukur kepada Allah. Kami dari DPW PPSKS Sumut yang merupakan pengurus perdana dikukuhkan luar Sumbar, merasa salut dan bangga dengan mengucapkan selamat mengemban amanah kepada kesemua pengurus atas peresmian DPD PPSKS Kota Dumai" ucap dia terharu. 


Khusus kita dari DPW PPSKS Sumut, kata Akris Koto yang berasal dari Kayu Tanam ini, akan mengagendakan Rakerwil setelah peresmian pengukuhan, 12 Desember 2021 lalu. Dalam Rakerwil itu nantinya, akan menyusun program kerja. Terutama akan melakukan pendataan anggota melalui Kartu Keluarga (KK) dan lainnya, juga direncanakan akan peresmian pengukuhan pengurus DPD PPSKS Kota Medan, Binjai dan Lubuak Pakam.


"Pihak yang diberikan Mandat untuk ketiga Daerah itu sedang berproses, sesuai arahan dan petunjuk dari Ketua Umum DPP PPSKS ketika kita bersilaturahmi dan konsultasi ke Padang akhir Desember 2021 lalu. Bila telah tuntas draf susunan pengurusnya, maka kita ajukan ke DPP untuk penerbitan SKnya" ungkap Akris Koto yang mengaku babako ke Kampuang Dalam, Padang Pariaman itu.


Ia berharap kepada pihak DPP PPSKS kiranya bisa hadir untuk dapat membuka secara resmi dengan memberikan pengarahan dalam Rakerwil DPW PPSKS Sumut perdana dari luar Sumbar, sekaligus akan meresmikan pengukuhan ketiga DPD PPSKS itu nantinya. 


"Inshaa Allah, direncanakan akhir Februari 2022 mendatang bisa direalisasikan hendaknya. Mohon do'a restu dan dukungan dari para dunsanak suku koto yang tersebar se-Tanah Air maupun dari luar negeri" minta Akris Koto didampingi Sekretaris Umumnya  Drs.Fuzial Nazir Koto bersama Wakil Sekum Ahmad Yani Koto, dan Dewan Penasehat DR.Darwis Koto, SH, MH yang juga datang dari Langsa, Aceh. (saco).