Ngeri, Hujan Disertai Angin Kencang Porak-porandakan 219 Rumah di KBB -->

Adsense-ATAS

Ngeri, Hujan Disertai Angin Kencang Porak-porandakan 219 Rumah di KBB

Rabu, 12 Januari 2022

Salah satu rumah warga di Kecamatan Cipatat, KBB, yang rusak tertimpa pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi secara tiba-tiba pada Selasa petang.


BANDUNG BARAT - Hujan deras yang disertai angin kencang porak-porandakan 219 rumah di tiga desa, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Berdasarkan data yang terekap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, kerusakan rumah itu terjadi di Desa Kerta Mukti, Desa Citatah Kampung Ciparang RW 2, dan Desa Cipatat Kampung Sukamanah RW 13. 


"Peristiwa hujan disertai angin kencang itu terjadi, Selasa (11/1) sore sekitar pukul 15.00 WIB," kata Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo, Rabu (12/1/2022).


Duddy menyebutkan, dampak kerusakan paling banyak terdapat di Desa Kerta Mukti yang menimpa delapan RW, masing-masing RW 19, 18, 16, 14, 12, 10, 11, dan RW 08. Sementara di Desa Citatah dan Cipatat masing-masing terjadi di satu RW.  "Akibat kejadian itu ada 23 rumah rusak berat, satu rumah rusak sedang, dan 195 rumah rusak ringan. Jadi total keseluruhan terdampak ada 219 rumah," sebutnya, sebagaimana dikutip iNews.id.


Dikatakannya, kebanyakan rumah yang rusak berat dikarenakan pohon tumbang dan menimpa rumah warga, jaringan kabel listrik, kabel telepon, dan menghalangi jalan. Namun tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini dan hanya menimbulkan kerugian materi.


Pihaknya bersama petugas gabungan dari polsek, koramil, kecamatan, desa dan relawan telah melakukan assesment ke lokasi. Mengevakuasi pohon-pohon tumbang serta melakukan pembersihan material dan rumah warga yang terdampak. Arus lalu lintas kendaraan roda dua dan empat yang sempat terhalang pohon kini kembali sudah bisa dilalui.  "Jalan sudah bisa dilalui kendaraan, kalau kerusakan rumah kebanyakan di bagian atap genting," ucapnya.(*)