Pengurus LKAAM Padang Pariaman Periode 2021-2026 Dikukuhkan -->

Adsense-ATAS

Pengurus LKAAM Padang Pariaman Periode 2021-2026 Dikukuhkan

Rabu, 12 Januari 2022

Pengurus LKAAM Padang Pariaman periode 2021-2026 dikukuhkan oleh Ketua LKAAM Sumbar Sayuti Datuk Pangulu (foto.dok.kmfo)


Parik Malintang
– Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur didampingi Wakil Bupati Drs. Rahmang, MM menghadiri Pelantikan Kepengurusan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Padang Pariaman bertemakan "Dengan Syarak Mangato Adaik Mamakai, Kito Bangun Akhlakul Karimah Anak Cucu dan Kamanakan’ di Aula Kantor Bupati, Rabu (12/01/22).


Upacara Pati Ambalau Kepengurusan LKAAM yang difasilitasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini, beriringan dengan peringatan hari jadi Kabupaten Padang Pariaman ke 189.


Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Datuak Putiah sebagai Pucuk Undang menyampaikan apresiasi mendalam kepada seluruh niniak mamak, tokoh masyarakat, bundo kanduang yang mendampingi. Juga seluruh lapisan masyarakat yang telah menjaga dan memelihara adat istiadat Minangkabau.


“Atas nama pemerintah daerah, kami mengucapkan selamat bertugas dan menjalankan amanah yang telah diterima kepada pengurus yang telah dilantik. Semoga bisa menjalankan program-program yang telah disusun dan sukses mewujudkan Padang Pariaman yang berbudaya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernagari” ucapnya.


Ia menyarankan kiranya para Ninik Mamak bersama Pemangku Adat melakukan kajian untuk bisa melahirkan konsep Nagari Adat. Sebagai gambaran, ada 6 Nagari di Sumbar berkenaan Nagari Adat yang diteliti Perguruan Tinggi Unand, UNP dan IAIN. Yakni Nagari Taram, Nagari Sijunjuang, Nagari Koto Besar, Nagari Lubuak Malako, Nagari Indopuro dan Nagari Balimbiang. 


"Berdasarkan penelitian dari Perguruan Tinggi tersebut, hanya Nagari Balimbiang, Tanah Datar yang menonjol dibandingkan yang lain. Dan alangkah baiknya kita kaji pula suatu Nagari Adat itu" sebutnya. 


Sementara itu, Ketua Umum LKAAM Provinsi Sumbar Sayuti Datuak Pangulu, M.Pd turut mengapresiasiasi atas keseriusan Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan Pelantikan Kepengurusan LKAAM di Kabupaten Padang Pariaman.


"Kepada seluruh pengurus terpilih untuk terus dapat menjaga Pakaian Adat Kebesaran (PAK) serta terus menjunjung tinggi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Adaik Salingka Nagari" harap dia.


Ketua LKAAM Padang Pariaman terpilih Zainir Koto Datuak Rangkayo Mulie, S.T mengajak seluruh jajarannya untuk sama-sama bergandengan tangan menggali, mendalami, dan mengembangkan amanah yang telah dititipkan.


“Baban barek singguluang batu dapat dipikul menjadi ringan jika kita sama-sama memikulnya” ungkapnya.


Ia juga menyampaikan rencana kerja dalam waktu dekat, yakni mengadakan rapat pembahasan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) setiap bidang untuk kemajuan kepengurusan.


“Kedepannya, betul-betul kita gali dan kembangkan, serta upayakan untuk maju, kita lestarikan pada titik kemajuan yang sempurna untuk anak kemenakan kita” ungkapnya.


Dalam kesempatan itu, juga dikukuhkan Pucuk Undang yang diketuai Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Datuak Putiah, Dewan Penyantun diketuai Mahyudin, SE dan Dewan Pertimbangan Adat dan Syarak yang diketuai Muhammad Zamil Datuak Bungsu Rangkayo Rajo Mangkuto.

Kegiatan Pati Ambalau Kepengurusan LKAAM Padang Pariaman periode 2021-2026 oleh Ketua LKAAM Sumbar Sayuti Datuk Pengulu ini, juga dihadiri Wakil Ketua dan anggota DPRD Padang Pariaman, Forkopimda, Wakapolres, Dandim 0308, Sekda, Staf Ahli, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Ketua KAN Se-Kabupaten Padang Pariaman, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai dan Bundo Kanduang. (kmfo-saco).