Diresmikan, Potensial Kehadiran Ormas PPSKS Kota Dumai -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Diresmikan, Potensial Kehadiran Ormas PPSKS Kota Dumai

Minggu, 09 Januari 2022


Ketua Umum Drs.H.Damsuar, MM Dt.Bandaro Putiah ketika mengukuhkan DPD PPSKS Kota Dumai yang diketuai H.Hasrizal (foto.saco)


Dumai - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Payuang Panji Suku Koto Sadunia (PPSKS) Drs.H.Damsuar, MM ,Dt.Bandaro Putiah melantik dan meresmikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPSKS Kota Dumai, Provinsi Riau masa bhakti 2021-2026 di Rumah PAN Kota Dumai, Minggu (09/01/22).


Pengukuhan dan peresmian Pengurus DPD PPSKS Kota Dumai ini, didahului pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Sekjen DPP PPSKS Jupri dilanjutkan kata-kata pengukuhan oleh Ketum Drs.H.Damsuar itu, juga disaksikan Walikota Dumai diwakili Sekdako bersama sejumlah pejabat Pemkonya.


Ketum DPP PPSKS Drs.H.Damsuar mengapresiasi dan terimakasih atas kerja keras para dunsanak suku Koto di Kota Dumai dengan Daerah lainnya untuk mengangkat acara "Alek Gadang" rang suku koto bermartabat.


"Luar Biasa kebersamaan yang saling bahu membahu sebagai kato bijak "saciok bak anak ayam, sadanciang bak basi" sesama dunsanak koto Kota Dumai maupun di daerah lainnya. Inilah kita Rang Koto Badunsanak bermartabat baik di Rantau maupun di Ranah" tegas mantan Wabup Padang Pariaman itu. 


Ia mengemukakan kronologis latar belakang dasar pemikiran atas kehadiran organisasi PPSKS yang telah punya akte notaris, juga terdaftar di Kemenkum HAM Jakarta.


"Kita memayungi beragam organisasi rang suku koto yang telah eksis duluan, dan bukan mempersatukan. Tetapi memayungi dan mengayomi, sehingga akan menjadi organisasi besar dan potensial dengan nama PPSKS" sebut putra Ampalu, VII Koto itu.


Sedangkan Walikota Dumai diwakili Sekdako Indra Gunawan menyatakan rang basuku Koto yang tergabung DPD  PPSKS merupakan organisasi potensial untuk ikut memajukan Kota Dumai.


"Semoga bermanfaat pemikiran dan sumbangsih dari warga Dumai asal Minangkabau bersuku koto. Hal ini, demi kesejahteraan yang bermartabat"sebut dia.


Menurutnya, terciptanya silaturaahim yang kuat dan diskusi bersama jajaran Pemko Dumai, tentu akan menghasilkan sinergitas yang kuat untuk pembangunan. Untuk itu, rasa kebersamaan sesama warga Kota Dumai akan ikut menentukan. Terutama para dunsanak suku koto dengan organisasi DPD PPSKS yang telah diresmikan ini.


Ketua SC DPW PPSKS Riau Eri Zulvian, S.Pt, SH mengapresiasikan dengan telah terbentuknya DPD PPSKS Kota Dumai.


"Hebat dan Luar Biasa, induak alun ado, nan anak lah lahie. Artinya, DPW PPSKS Provinsi Riau belum terbentuk, sedangkan DPD PPSKS Kota Dumai telah diresmikan" tegasnya, ia menambahkan dalam waktu dekat akan terbentuk DPW PPSKS Provinsi Riau



Ketua DPD PPSKS Kota Dumai H.Hasrizal terpilih menyatakan berterimakasih atas kepercayaan dan dukungan yang diamanahkan. Juga terimakasih bantuan dan partisipasi dalam pelaksanaan ini.


"Kita kembangkan potensi yang ada untuk berkemajuan. Terutama pergerakan ekonomi UMKM dan bidang pendidikan.Bidang UMKM dan pendidikan sangat penting demi kesejahteraan para dunsanak suku Koto" tegas.


Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksan H.Zainal Abidin, SH melaporkan kegiatan "Alek Gadang" Rang Suku Koto Badunsanak di Dumai ini, setelah melakukan Rapat Panitia untuk menyikapi sebagai tindak lanjut telah terbentuknya susunan pengurus priode 2021-2026.


Katanya, Alhamdulillah, pertanda peresmian untuk memeriahkan agenda rang Suku Koto Badunsanak ini, juga sekaligus wujud rasa syukur dengan penyembelihan seekor lembu Sabtu pagi kemaren. Lembu itu atas sumbangan H.Hasrizal yang juga anggota DPRD Kota Dumai. Juga mendengarkan ceramah agama, adat istiadat rang Minang oleh Mak Katik yang sengaja didatangkan dari Batipuh Padang Panjang, Sabtu malam. 


Dengan telah dilantik dan diresmikan Pengurus DPD PPSKS Kota Dumai ini, maka kian bertambah kokoh dan kuat hubungan badunsanak rang Suku Koto di Rantau maupun di Ranah, yang selama ini hanya sebatas pergaulan begiu saja" tegas H.Zainal Abidin.




Agenda rang suku Koto badunsanak "baralek gadang" meresmikan Pengurus PPSKS Kota Dumai ini, dihadiri Ketua Satgas Covid-19 Kota Dumai dr. Syaiful, dan Ketua LAM Kota Dumai Datuk Sri Syahruddin, Mewakili Kajari Dumai, Dandim Dumai, Polresta Dumai, dunsanak rang suku Koto rantau dari Medan Sumut, Aceh, Siak, Bengkalis, Duri, Minas, Pekan Baru, Pelalawan, Agam Bukittinggi, Pabasko, Tanah Datar, Padang Panjang, Padang Pariaman, Pariaman, Pasaman Barat serta para undangan lainnya membludak berdatangan. 


 

Adapun susunan kepengurusan PPSKS Kota Dumai yang diresmikan ini terdiri dari unsur Ninik Mamak H. Zainal Abidin, dr.Syaiful, MKM, Zidan, Darlisman, H. Er, Yusrizal, Khairul Amri dan Sony Adiya Putra. 


Ketua Umum H.Hasrizal dengan Wakil Ketua Rudi Hartono dan Idrus. Sekretaris Y. Astoni dengan Wakil Sekretaris Dedi Rusdi. Bendahara Sri Devi dengan Wakil Bendahara Rusli. Sedangkan Pelaksana Harian diketuai Asman Koto didampingi Wakil Ketua Arisman.


Kepengurusan DPD PPSKS Kota Dumai ini, juga dilengkapi 7 Bidang. Yakni Bidang Sosial dan Keagamaan diketuai Ustadz Salman dengan Sekretaris Rudiyanto beranggotakan Ustadz Sudirman, Afrizal, syafrizal, Ridwan dan Aprizal. 


Bidang Hukum dan Advokasi diketuai Firman dengan Sekretaris Hendra dan anggota Riyo Rahman. Bidang Pendidikan dan Kebudayaan diketuai Gusrizal, Sekretaris Ramiza dengan anggota Selvia, Oca dan Afrizal. 


Bidang Kesehatan diketuai DR. Dasrinal dengan Sekretaris Titin Maria dan anggota Yuli Hartati. Bidang Kepemudaan diketuai Ardi Murpi, Sekretaris Yusra dengan anggota Dedi dan Candra.


Bidang Bundo Kanduang diketuai Ayang Piaman, Sekretaris Hera Fitra beranggotakan Hj. Rina Syafrizal Nurdin, Nita Bunut, Nurahai dan Yeni. Sedangkan Bidang Hubungan Masyarakat diketuai Muhammad Roem dengan Sekretaris Adri beranggotakan Buyuang Mayunar dan Slamet Riyadi. 


Juga diperkuat dengan Koordinator Kabupaten dan Kota terdiri dari 50 Kota/Payakumbuh Alnopendri, Agam Bukittinggi M.Nasir, Yusra dan Jon.


Untuk Padang Pariaman dipegang Bustami, Kota Pariaman dipegang Zamal, Pasaman adalah Robi Alatas, Tanah Datar dan Padang Panjang diamanahi Yusrizal, Kota Padang dipegang Musnadi dan Pesisir Selatan dipercayakan kepada Wendy Utama.


Dalam kesempatan itu, juga dikukuhkan oleh Ketua DPD PPSKS H.Hasrisal mengukuhkan Pengurus Bundo Kandung PPSKS yang diketuai Nurlaila, S.Pd, dan Pengurus Pemuda DPD PPSKS..(rum-saco).