Produk Keju Mozzarella Sudah Ada di Padang Panjang -->

Iklan Atas

Produk Keju Mozzarella Sudah Ada di Padang Panjang

Senin, 10 Januari 2022
Uji coba pembuatan keju Mozzarella di Serambi Milk Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Kini Padang Panjang memiliki sudah memiliki mesin pembuat keju jenis Mozzarella. Mesin pembuat keju diterima Serambi Milk yang merupakan kluster usaha binaan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).


Langkah maju ini menandakan keju Mozzarella hadir di Padang Panjang.  Pembuatan keju pertama di Serambi Milk dipandu oleh Widyaiswara Balai  Besar Pelatihan Peternakan, Kota Batu, Jawa Timur, Dr. Dodik Suprapto, S.Pt, M.Sc, Senin (10/1). 


Dodik mengatakan, keju Mozzarella ini membutuhkan produksi susu sapi yang banyak dan  akan menghasilkan keju  10% dari total susu sapi yang  diproses. 


"Dari susu sapi yang kita proses, hanya menghasilkan 10% dari total susunya. Misalnya, 1.000 liter susu sapi kita hanya menghasilkan 100 kg keju," ujar Dodik  di sela-sela pembuatan keju. 


Mendapatkan bantuan mesin pembuat keju tersebut, Ridwansyah pengelola Serambi Milk mebgatakan, produksi keju  ini akan segera dipasarkan di Padang Panjang. 


"Hari ini kita sudah melakukan uji coba  pembuatan dan berhasil dengan kualitas yang sangat bagus. Setelah kita bekukan, besok sudah bisa diorder langsung ke Serambi Milk," tuturnya.


Keju Mozzarella ini, katanya lagi, nantinya terdapat tiga level. Mulai dari biasa hingga premium. Yang premium tidak ada campuran di dalamnya. Hanya susu saja. Dan, untuk harga juga akan berbeda. 


"Dengan adanya produksi keju ini, kita akan membutuhkan susu sapi perah yang banyak. Biasanya tiga sampai empat hari susu perah ini sudah tidak bisa digunakan lagi. Namun dengan adanya produksi keju, susu tersebut langsung kita proses dan bisa bertahan sampai enam bulan ke depan," jelas Ridwansyah. 


Mesin seharga Rp68.475.000 ini  mulai diuji cobakan oleh Serambi Milk dalam pembuatan keju Mozzarella.


Walikota Fadly dan rombongan yang menyaksikan pembuatan keju Mozzarella menyampaikan ampresiasi kepada Koperasi Serambi Milk  terus  mengembangkan ragam produknya. (syam)